loader

Pantau Gambut Siapkan Fitur ‘Peatland Commodities Business Hub’ untuk Tingkatkan Potensi Komoditas di Lahan Gambut

Foto

Selain menjadi pusat informasi potensi komoditas, Peatland Commodities  Business Hub juga mengembangkan value chain framework untuk membangun ekosistem usaha komoditas gambut yang sehat.

Potensi kegiatan ekonomi  berbasis komoditas di lahan gambut akan berkembang lebih pesat menjadi  potensi ekonomi yang menjanjikan nilai tambah apabila berada dalam ekosistem usaha yang mendukung. Peatland Commodities Business Hub membantu mengisi gap dalam hal ketersediaan data yang akurat dan terkini, dan  mendorong pemanfaatan teknologi untuk menjembatani komunikasi dan  pemasaran, serta investasi.

“Pantau Gambut melihat besarnya potensi komoditas di lahan gambut yang dilakukan masyarakat/desa. Kami membantu membangun ruang-ruang inklusif bagi pelaku komoditas ramah gambut untuk meraih pasar dan peluang usaha yang bermanfaat bagi ruang hidup dan

penghidupan masyarakat sekitar lahan gambut, sehingga tercipta suatu ekosistem kawasan gambut yang harmonis baik dalam hal pengelolaannya, pemanfaatannya juga perlindungannya,” kata Koordinator Nasional Pantau Gambut, Lola Abas.

Pantau Gambut bekerjasama dengan ASYX Indonesia dalam membangun dan mengembangkan Peatland Commodities Business Hub. Lishia Erza, Direktur Proyek Peatland Business Hub dari ASYX, menyampaikan optimismenya bahwa fitur baru ini akan memberikan ekosistem bisnis yang lebih baik bagi komoditas di lahan gambut.

Fitur ini dikembangkan untuk mengoptimalkan  informasi komoditas menjadi informasi yang berguna untuk investor. Fitur ini akan menghadirkan skema rantai pasok yang tepat untuk komoditas gambut,  sehingga produk-produk dapat didistribusi dengan baik dan dibeli dengan

harga yang pantas. Dengan teknologi digital, fitur ini akan hadir dengan informasi yang akurat dan terkini. Semoga ini membantu masyarakat/desa membangun ekonominya dan lebih bersemangat menjaga lahan gambut di sekitarnya.

ASYX adalah perusahaan yang memberikan layanan nasihat pendanaan dan kolaborasi rantai pasok yang menghubungkan pembeli, penjual, pemasok, distributor dan institusi keuangan, melalui teknologi berbasis web yang aman.

Fitur Peatland Commodities Business Hub akan terus dikembangkan melalui diskusi aktif dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendapatkan pemahaman dan metode yang lebih baik terhadap kebutuhan usaha dan pasar.

 

Share

Ads