loader

NU Minta Pemerintah Perpanjang Moratorium Sawit 10 Tahun Lagi

Foto

"Pemerintah perlu fokus dan secara serius mengambil langkah-langkah mengurangi deforestasi menjadi nol hektar pada tahun 2023," kata Alissa.

Tak hanya itu, NU turut mendesak pemerintah untuk menghentikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batubara dan pengurangan produksi batubara mulai 2022.

Tak hanya itu, NU juga mendesak untuk menyetop (early retirement/phase out) PLTU Batubara pada 2040 untuk mempercepat proses transisi energi yang berkeadilan, demokratis, dan terjangkau.

Karena itu, Alissa menilai pemerintah perlu menyusun kebijakan komprehensif untuk meningkatkan akses dan kualitas transportasi publik serta akselerasi adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

"Pemerintah perlu bersama pemerintah daerah menyiapkan langkah-langkah penguatan masyarakat ekonomi lemah dan wanita dalam menghadapi dampak perubahan iklim," kata Alissa.

Di samping itu, NU mendorong pemerintah untuk segera mengatur pengelolaan sampah dan mengurangi produksi plastik di semua tingkatan, untuk kebutuhan apa pun. Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah harus melarang penggunaan plastik pada supermarket dan toko modern pada 2023.

 

Share

Ads