loader

Ratusan Ribu Orang Tes CPNS, Pak Camat Malah Mengundurkan Diri

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Akan tetapi, di balik masyarakat berlomba-lomba untuk menjadi PNS, Arie Wijaya seorang PNS yang terakhir menjadi Camat Kalidoni Kota Palembang, malah mengundurkan diri dari profesinya sebagai PNS. Padahal ia telah mengabdikan dirinya selama kurang lebih 23 tahun. Dimulai dari tahun 1997 pengangkatannya menjadi PNS hingga sekarang ia telah memantapkan dirinya untuk mundur.

Ketika dibincangi Globalplanet.news, Rabu (19/2/2020), melalui telepon Arie bercerita bahwa keinginan untuk berhenti menjadi PNS timbul sejak tahun 2010 lalu hingga perpisahannya itu digelar di Balai Kecamatan pada Selasa (18/2) sore.

"Alasannya karena saya mau fokus dengan usaha yang sudah saya bangun sejak tahun 2007 lalu. Sebelumnya 4 hari yang lalu saya sudah menghadap Pak wali kota, Sekda, dan Kepala BKPSDM untuk pamitan," ungkap Arie.

Ia menjelaskan semenjak bergabung di pemerintahan kota untuk mengisi jabatan Camat Kalidoni tahun di tahun 2017, ia merasa waktu dan fokusnya mulai terbagi-bagi terhadap kewajibannya sebagai PNS dan menjalankan usahanya.

Hindari Korupsi

Meski banyak yang menyarankannya untuk mundur dari jabatan saja, Arie merasa pilihan tersebut tidak bisa membebaskan dirinya. "Walaupun hanya jadi staff tapi dak ngantor, kan percuma, masih korupsi waktu itu namanya. Saya sampaikan kepada mereka termasuk staff saya, orang yang paling bahagia adalah orang yang melakukan pekerjaan yang menjadi hobinya, bukan menyenangi pekerjaan karena tuntutan. Itu levelnya lebih tinggi ketimbang kita harus menyenangi pekerjaan kita," tegas dia.

Dalam menentukan pilihan ia telah memperkirakan mana yang memiliki benefit yang besar, akselerasi, dan kebebasan. Karena ia tak bisa terbungkus dengan sistem. "Artinya di sini saya punya pilihan, dan saya sudah memantapkan diri untuk memilih jalan yang menjadi hobi saya," katanya.

Miliki Perusahan hingga Koperasi

Mantan Camat Kalidoni ini telah memiliki empat perusahaan, adapun usaha yang ia tekuni adalah di bidang properti, kontraktor, dan dua koperasi yang berjalan sejak 2007-2008.

Mengenai segala program di Camat Kalidoni yang ia canangkan selama menjabat, Arie menuturkan, program tersebut tetap dilanjutkan oleh dirinya bersama Rama, Sekretaris Camat Kalidoni yang saat ini menjadi Plt Camat Kalidoni.

Ia pun meminta Wali Kota Palembang H Harnojoyo melalui Kepala BKPSDM untuk mengangkat Rama menjadi Camat Kalidoni. Ini karena selama menjabat, Sekcamlah orang yang menemani, ikut membangun dan mengembangkan program tersebut dari nol.

Ada tiga program unggulan yang dicanangkan Arie Wijaya semasa menjadi Camat Kalidoni, yakni pengelolaan sampah 3R, Urban Farming, dan Box Belanja. "Saya tipe orang yang komitmen program-program saya, terutama pengelolaan sampah, itu bukan untuk pencitraan karena sejak masih menjadi Lurah program serupa sudah saya jalankan. Jadi program itu tetap saya kawal dan dibina bersama orang-orang saya. Supaya cepat, karena kalau orang lain yang meneruskan maka dia pasti butuh pelajari dulu, sehingga akan makan waktu lama," tuturnya.

Ia menambahkan, urusan administrasi pengunduran dirinya telah diserahkan ke BKPSDM Kota Palembang dan akan diserahkan ke Sekretaris Daerah kota Palembang.

Share

Ads Ads Ads