loader

Kenang Jasa Santri di Hari Kemerdekaan, LDII: Ponpes Bukan Sarang Radikalisme

Foto
Upacara bendera rutin setiap hari Senin dan hari-hari nasional di Pondok Pesantren Wali Barokah, Kediri. (Foto: Ist)

KH Chriswanto mengatakan, globalisasi menempatkan Indonesia sebagai tujuan pengaruh berbagai ideologi. Setiap ideologi, menurutnya melahirkan radikalisme. “Bukan hanya Islam, agama-agama lainnya juga mengalami masalah dengan radikalisme. Bahkan liberalisme yang radikal menghasilkan LGBT hingga hedonisme berupa pemujaan terhadap duniawi,” ungkap KH Chriswanto.

Persoalannya, Indonesia dengan mayoritas umat Islam, maka radikalisme kerap dilekatkan kepada umat Islam saja. “Umat agama lain yang minoritas, radikalismenya tidak terlalu diperhatikan,” katanya. 

Umat Islam di Indonesia harus terus-menerus menunjukkan kontribusi besar terhadap pembangunan. “Ingat sejak Perang Diponegoro, era pergerakan, hingga perang kemerdekaan, umat Islam dan kalangan pesantren berkontribusi besar dalam memerdekakan Indonesia,” imbuhnya. 

Untuk terus menjaga nilai-nilai kebangsaan di lingkungan pondok-pondok pesantren di bawah naungan LDII, DPP LDII mengadakan berbagai seminar kebangsaan. "Bahkan setiap 17 Agustus, pondok-pondok pesantren di lingkungan LDII menggelar upacara bendera. Sepanjang Agustus para santri mengikuti acara yang diadakan di lingkungan pondok,” imbuhnya. 

Share

Ads