loader

BASARNAS dan Pemkab OKU Timur Jalin Kerjasama

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - “Saat Ini telah memiliki payung Hukum yang kuat dengan disyahkan nya Undang- Undang Nomor 29 tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan dimana tugas dan tantangan yang dihadapi dengan segala dinamika yang ada tentu juga semakin kompleks,” kata Kepala BASARNAS Sumsel , Herry Marantika, SH., M.Si, di Bina Praja I Pemkab,  OKU Timur, pada  Kamis  (09/07/2020).

"Alhamdulillah dengan adanya kerja sama, Perhatian dan dukungan dari Pemerintah
 Kabupaten OKU Timur melalui kepemimpinan Bapak Bupati OKU Timur, HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi saya percaya Unit siaga SAR di OKU Timur yang merupakan bagian dari Organisasi dalam melaksanakan tugas," tambahnya.

Dirinya berpesan, pokok dan fungsi untuk misi kemanusiaan dengan melibatkan potensi SAR dari berbagai unsur TNI, Polri dan instansi Pemerintah maupun swasta kita bersama-sama, bahu membahu secara terintegrasi dalam operasi SAR. Khususnya wilayah OKU Timur akan berjalan semestinya.

"Kita harus tetap solid, tetap semangat dan tetap siaga menghadapi tantangan di masa depan dimana musibah itu tidak dapat kita prediksi sebelumnya,"ungkapnya.

Bupati Oku Timur, HM Kholid Mawardi,  S.Sos,  M.Si dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih karena dirinya diberikan penganugerahan tanda kehormatan sebagai duta SAR Sumatera Selatan yang kedua Setelah sultan mahmud iskandar badaruddin.

Tugas SAR ini tidak mudah dan tidak bisa diprediksi kapan harus bertugas yang pasti harus siap siaga, banyak peristiwa yang terjadi di sekitar kita dan itu perlu penaganan yang cepat, hanya orang-orang terlatih lah yang akan mampu memberikan pertolongan.

“Contoh kebakaran, tenggelam, tanah longsor, tenggelam di tengah laut itu perlu penanganan khusus, terimakasih kepada saudara-saudara ku yang telah bergabung baik itu dari Pol PP dan damkar sebanyak 20 0rang,” imbuhnya.

Kholid juga menambahakan di BASARNAZ diperlukan orang-orang tangguh, jiwa besar, tidak takut air besar dan kedalaman. Serta bisa mengendalikan kendaraan, intinya BASARNAZ itu harus serba bisa, baik itu di darat, dilaut. ini memerlukan cara yang terlatih hingga hasilnya maksimal. contoh kemarin ada kejadian karhutla akan tetapi banyak yang hanya jadi penonton.

"Teori itu dasar praktek itu merupakan pengalaman nyata kenapa perwakilan BASARNAS ada di OKU Timur sedangkan ada enam  kabupaten tetangga kita. Karena letak geografisnyaOKU Timur sangat mendukung sekali," imbuhnya 

Kepada saudara-saudara yang telah bergabung di BASARNAZ   mempunyai tanggung jawab moral, setiap kejadian harus segera bertindak, ikhlas dan Profesional. BASARNAZ juga harus bisa memperhitungkan jika ada kebakaran hutan dan lahan Karhutla dan memperhitungkan siklus kemarau pendek dan siklus kemarau panjang. Kepada rekan-rekan jajaran pemerintah untuk bisa meminalisir terjadi nya kebakaran rumah, saya berharap di setiap rumah ada alat untuk pemadam api.

"Sekali lagi terimakasih kepada BASARNAS  Sumsel  hari ini saya diberi penganugerahaan tanda kehormatan duta SAR Sumatera Selatan yang kedua Insya ALLAh amanat ini akan saya pegang yang melekat pada saya, meskipun nantinya saya tidak menjabat sebagai Bupati OKU Timur lagi. Saya akan selalu berbuat ikhlas untuk saudara-saudara kita yang mendapatkan musibah dan butuh pertlongan, mudah-mudahan amanah bagi saya ini berguna untuk di 6 kabupaten tetangga dan terkhusus untuk OKU Timur,"ujarnya.

Share

Ads