loader

Hujan Deras di Pagaralam, Jembatan Cawang dan Pemukiman PU Amblas

Foto

PAGARALAM, GLOBALPLANET - Tidak hanya itu, meluapnya Sungai Air Betung juga membuat satu rumah nyaris amblas karena debit air membesar menghanyutkan tanah.

Rian (32) warga Cawang Baru mengungkapkan, saat ini debit air Sungai Selangis cukup besar. Dimana, air sudah berwarna coklat membawa sisa kayu dan ranting hingga membuat sumbatan. Akibatnya, aliran air menggenang membuat pangkal jembatan Cawang amblas.

"Saat ini debit air masih cukup besar. Apalagi, hujan masih turun," kata dia.

Dikatakan Rian, jembatan Cawang pernah amblas total beberapa tahun lalu. Dimana, jembatan yang ada saat ini merupakan jembatan baru. Namun, karena air meluap membuat pangkal jembatan amblas kembali.

"Karena amblas, masyarakat tidam bisa melintas jalur ini. Warga Cawang Baru, Cawang Lama dan lainnya harus lewat jalur cukup memutar jauh untuk pulang," tuturnya.

Terpisah, Hibensyah (38) warga Belakang PU juga khawatir. Dimana, tebing dibelakang rumahnya amblas karena debit Sungai Air Betung meluap. Bahkan, amblaa sudah pada bagian belakang rumah.

"Kami sudah lama tinggal disini. Baru kali ini amblas dan sudah pada bagian belakang rumah," jelas dia.

Dengan hujan terus turun, kata Hiben, pihaknya khawatir jika amblas akan terus meluas. Untuk itulah, pihaknya akan berhati-hati karena ditakutkan longsor akan terus terjadi.

"Saat ini lantai rumah sudah amblas. Ketinggian dari sungai mencapai 5 meter. Jika air terus meluap kami cukup takut," bebernya.

Share

Ads