loader

Palembang Perpanjang PPKM Level IV hingga 6 September, Sejumlah Kegiatan Mulai Dilonggarkan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Meski demikian, sejumlah kegiatan mulai diberikan kelonggaran. Seperti operasional mall ditambah menjadi pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB dan kapasitasnya harus di bawah 50 persen, kafe boleh buka maksimal pukul 20.00 WIB.

Lalu, resepsi pernikahan diperbolehkan digelar dengan catatan undangan tak lebih dari 25 persen dari kapasitas ruangan serta beberapa kebijakan lainnya. 

Kapolrestabes Palembang Kombes Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra mengatakan pada kebijakan kali PPKM disesuaikan dengan kondisi Kota Palembang. Meskipun berada di level 4, namun dalam kajian poin per poinnya terdapat beberapa toleransi.

Dari kebijakan tersebut, Irvan mengakui paling susah untuk mengingatkan dan menertibkan pemilik serta para pengunjung kafe di kota Palembang. 

"Yang paling susah diingatkan itu kafe, padahal di aturan sudah jelas pengunjung maksimal 25 persen," ujarnya usai mengikuti rapat kordinasi pelaksanaan PPKM di Mapolda Sumsel, Rabu (25/8/2021).

Menurutnya, masyarakat Palembang jangan terlalu euforia terhadap kelonggaran pada PPKM Level IV. Masyarakat harus sadar mulai dari diri sendiri untuk mencegah penularan Covid-19. Jangan sampai, penurunan angka kasus Covid-19 dua pekan lalu justru akan berubah naik dampak warga yang lalai terapkan prokes lantaran adanya kelonggaran. 

"PPKM memang berhasil, dua minggu penurunan kasus sudah lebih baik. Nah jangan sampai karena kelonggaran ini masyarakat jadi euforia, lupa prokes," jelas Irvan. 

Ahli Epidemiolog dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Dr Iche Andriyani Liberty menambahkan memang terjadi penurunan kasus di Sumsel dua pekan terakhir dibandingkan pada kasus akhir Juli lalu.  Dimana angka kasus konfirmasi dan kematian terjadi sedikit penurunan. 

"Keterisian tempat tidur RS atau BOR memang alami penurunan, tapi hati-hati BOR ICU. Jangan sampai pasien isolasi mandiri datang dengan kondisi darurat," ungkap Iche. 

Ia menerangkan, kelonggaran PPKM Level IV yang diberikan oleh pemerintah jangan sampai menjadi euforia lalu membuat masyarakat kendor prokes. Sebab, puncak Covid-19 tidak bisa diprediksi,  tergantung dari mobilitas dan pergerakan masyarakat di tengah kondisi Pandemi saat ini. 

"Paparan Covid-19 tergantung dari mobilitas masyarakat. Karena transmisi terjadi banyak dari komunitas," beber Iche.

Share

Ads