loader

Pilkada OKU Timur, Paslon Enos-Yudha Nomor 1, Ruslan-Herly Nomor 2

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Berdasarkan hasil undian nomor urut,  pasangan calon H Lanosin ST (Enos) dan HM Adi Purna Yudha, SH,  (Yudha) yang diusung 11 Parpol mendapat nomor urut 1 dan pasangan yang berasal dari jalur Indenpendent atau perseorangan Kolonel Inf H Ruslan Taimi, SE, MM dan dr Herly Sunawan, SH mendapat nomor urut 2.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI mengatakan, bahwa proses pengundian nomor urut sudah selesai yang disaksikan oleh pasangan calon. 

Sebelumnya sudah dilakukan beberapa tahapan diantaranya tes kesehatan, penetapan pasangan calon dan selanjutnya pengundian nomor urut."Karena mentaati protokol kesehatan Covid-19 sehingga jumlah orang yang masuk ke ruangan terbatas,"katanya.

Setelah pengundian nomor urut akan masuk masa kampanye. Tapi ada aturan yang harus dipatuhi tidak boleh mengumpulkan masa dalam jumlah kesehatan dan tetap   untuk pertemuan terbatas tidak boleh lebih dari 50 orang dan rapat umum 100 orang.

"Kita ingatkan pasangan calon untuk mentaati aturan ini karena lembaga yang mengawasi,"jelasnya.

KPU juga sudah melakukan sosialisasi untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi bahkan berdasarkan pengalaman yang sudah tingkat partisipasi masyarakat di OKU Timur cukup tinggi. KPU masih terus melakukan tahapan demi tahapan yang belum dilaksanakan.

Dia menambahkan, sebelumnya pada Rabu (23/09/2020) Melalui rapat pleno tertutup KPU OKU Timur menetapkan dua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati. Kedua pasangan calon itu dari jalur Indenpendent Kolonel Inf H Ruslan Taimi, SE, MM dan dr Herly Sunawan, SH, dan pasangan H Lanosin ST (Enos) dan HM Adi Purna Yudha, SH, (Yudha) yang diusung Parpol.

Untuk lokasi kampanye sudah ditentukan dilima zona. Zona I Kecamatan Martapura, Bunga Mayang, Jayapura, BP Peliung, zona II Kecamatan Madang Suku I, Madang Suku II, Madang Suku III, Belitang Madang Raya, Zona III, Kecamatan Semendawai Barat, Cempaka, Semendawai Timur, Semedawai Suku III, Belitang Mulya, Zona IV Kecamatan Belitang, Belitang II, Belitang III, Belitang Jaya, Zona V Buay Madang Timur, Buay Madang, Buay Pemuka Bangsa Raja. Untuk pemasangan APK harus dipasang dititik yang sudah ditentukan, jangan sampai dilanggar karena akan ada sanksi.

Assisten I Setda OKU Timur Yuli Akman, SE, MM, menambahkan, rapat pleno dilakukan secara terbatas mengingat saat ini masih pandemi Covid-19."Kami dari pemerintah berterimakasih dengan berjalannya tahapan sesuai aturan dan lancar dan pasangan calon juga selalu mentaati protokol kesehatan Covid-19,"ujarnya.

Untuk mengantisipasi yang tidak diinginkan Polres OKU Timur melakukan pengamanan secara ketat di pintu masuk ruangan tempat berlanhsungnya rapat pleno.

Rapat Pleno pengundian nomor urut seluruh Ketua Parpol dan Kapolres OKU Timur AKBP Dahlizon, SIK, MM, Kajari OKU Timur Dr. Akmal Kodrat, SH, M.Hum.

Share

Ads