loader

Survei Indopol: Milenial Nilai Prabowo Paling Cocok Jadi Presiden, Tapi Partai Harus Kerja Keras

Foto

“Artinya, dengan edukasi politik seperti ideologi hingga program kerja parpol, mereka akan memberi suara yang signifikan,” papar Ratno. 

Sementara, sebagai sumber informasi dari media massa, mereka mengandalkan media massa online nasional dan media lokal. Dari survei menurut Ratno didapatkan, mereka yang membaca Detik.com (16,34 persen), Kompas.com (15,16 persen), media online lokal (10,24 persen) CNN Indonesia (6,5 persen) sementara Viva News 1,57 persen dan Republika Online 0,79 persen. 

“Hasil pembacaan mereka, menentukan pilihan politik mereka. Bahkan mereka menolak politik uang. Sikap tersebut tampak pada 37,4 persen menolak politik uang dengan berbagai alasan, sementara yang menerima politik uang sebesar 24,8 persen,” ujar Ratno. Artinya, pemilih milenial dan generasi Z, merupakan pemilih yang rasional bila mendapat edukasi politik lebih dalam. 

Terkait sosok yang layak memimpin negeri ini, mereka menilai latar belakang tokoh nasional yang pas jadi presiden adalah TNI (19,69 persen) dan kepala daerah (18,31 persen). Sementara tokoh agama 8,66 persen dan ketua parpol 6,50 persen.

Share

Ads