loader

Survei Indopol: Milenial Nilai Prabowo Paling Cocok Jadi Presiden, Tapi Partai Harus Kerja Keras

Foto

"Ini jauh berbeda dari Pemilu 2004, pada awal Reformasi di mana calon-calon tokoh dari militer ditentang. Ini bisa dimaklumi, mereka tak pernah bersinggungan dengan rezim Orde Baru yang sangat militeristik,” ungkap Ratno.

Lalu, siapa yang pas memimpin negeri ini menurut generasi Z dan milenial? Dari surevi tersebut ditemukan, Prabowo masih teratas dengan 15,75 persen, disusul Ganjar Pranowo 14,37 persen, Anies Baswedan 13,58 persen, Sandiaga Uno 5,31 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 5,31 persen. 

“Meskipun survei ini masih berjarak dua tahun lebih dari Pemilu, namun bisa memberi gambaran kepada partai politik untuk menggarap pasar milenial, bila ingin memenangi Pemilu 2024,” imbuh Ratno. 

Sementara itu, co-founder Ruang Demokrasi, Ludhy Cahyana mengatakan, para milenial yang diduga sebagian besar adalah “kaum rebahan” di sisi lain memiliki kelompok-kelompok yang haus informasi. “Mereka yang haus informasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi partai politik. Mereka sebagaimana milenial dan generasi Z lainnya, merasa kurang terwakili dalam demokrasi,” ujarnya.

Problematikanya adalah mereka merasa suaranya tidak terwakili oleh para legislator. “Sementara asupan-asupan informasi yang mereka terima, membuat mereka mencari figur-figur pembenah negeri ini. Ini seperti getaran kelompok yang menyatakan bagian dari 99 persen di New York atau jaket kuning di Paris,” ujar Ludhy. 

Ketidakterwakilan itu bisa mendorong lahirnya nasionalis kanan dan sekaligus fundamentalisme. “Ingat, dari pembacaan mereka atas realitas sosial, mereka memiliki pandangan ideal di kepala mereka bagaimana sebuah keadilan dan kemakmuran terwujud dalam sebuah negeri,” paparnya. Bila mereka mengkoreksi dengan ideologi di luar demokrasi, ini bisa menjadi masalah bagi perjalanan sejarah bangsa. 

Untuk itu, Ruang Demokrasi mengimbau agar partai politik terus mengedukasi generasi Z dan milenial. Menurut Ludhy, sejarah hari ini sangat menentukan Indonesia pada masa yang akan datang.  

Share

Ads