loader

Pilgub Sumsel 2024: Joncik Muhammad Dampingi Herman Deru?

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Siapa sosok yang akan mendampingi Herman Deru di Pilgub Sumsel 2024 menjadi perhatian publik. Santer terdengar, Herman Deru akan berpasangan dengan Joncik Muhammad (JM), mantan Bupati Empat Lawang. Benarkah demikian?

Setelah ditinggal Mawardi Yahya yang mendeklarasikan diri mencalonkan diri menjadi gubernur berpasangan dengan Harnojoyo (mantan Wako Palembang), tentu Herman Deru harus mencari bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya.

Terdapat sejumlah nama tokoh yang diprediksi dipilih untuk mendampingi Herman Deru, salah satunya Joncik Muhammad.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Sumsel, Syamsul Bahri dengan jelas mengatakan Joncik Muhammad diharapkan berpasangan dengan HD. 

"Secara pribadi saya berharap HD akan berpasangan dengan JM pada pilgub Sumsel nanti," katanya saat menjadi narasumber dalam diskusi HMI gagasan politik IV dengan tema road map, menuju pilkada Sumsel 2024 di Roca Cafe, Selasa (19/3/2024) sore.

Namun semua itu akan ditentukan dengan melihat hasil survey dan keputusan Partai Nasdem. "Kita tunggu saja, namun saya menilai JM sangat layak jika berpasangan dengan bapak HD," ujarnya. 

Syamsul menilai JM merupakan figur luar biasa dan sangat berpengalaman. JM sudah pernah menjabat Bupati, Sekjen PAN Sumsel, Tokoh Basemah, Ketua Kahmi Sumsel, Tokoh Agama, dan lainnya. 

"Insya Allah dengan banyak pengalaman sehingga salah saling melengkapi dengan HD, sehingga cita - cita ini terlaksana sesuai harapan rakyat Sumsel. Menurut saya HD sendiri masih mendapatkan dukungan masyarakat Sumsel sekitar 80 persen," ungkap anggota DPRD Sumsel ini.

Pengamat Politik Sumsel Bagindo Togar mengatakan, dengan karier yang cemerlang dan dari tokoh basemah sangat tepat jika kedua tokoh ini berpasangan pada pilgub nanti. "Saling melengkapi antara keduanya jika berpasangan dan mewakili dua tokoh dari masing - masing wilayah," katanya.

Menurutnya, suara dari basemah bisa mendongkrak HD jika berpasangan dengan JM di Pilgub nanti. "JM berpendidikan tinggi dengan gelar yang dimiliki dan seorang organisiator dan karirnya masing sangat panjang, ini kesempatan bagi JM jika maju sebagai Cawagub," tuturnya.

Di tempat sama, Mantan Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengaku sudah bertemu dengan petinggi Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa dan sudah melaporkan perkembangan di Sumatera Selatan. DPP PAN sangat mendukung kadernya maju di Pilkada.

"Tapi belum bisa diputuskan sebelum besok (hari ini) penetapan rekapitulasi nasional pemenang pemilu presiden dan pemilu legislatif. Setelah itu partai koalisi akan bertemu untuk membahas tentang pilkada, yang berkaitan dengan koalisi ini permanen sampai kebawah atau diserahkan ke masing - masing. Lalu kita tindak lanjut itu hasil yang saya sampaikan," ujarnya.

Menurut Joncik Muhammad, prinsipnya mereka akan mendukung. "Insya Allah saya akan maju, untuk pasangan dengan HD kita melihat situasi jika memungkinkan harus berpasangan dengan HD. Yang jelas sekarang semua kesempatan masih terbuka untuk maju yang terpenting sosialisasi bagaimana penerimaan masyarakat kalau kita maju itu ukurannya survey," katanya.

Share

Ads