loader

KPU OKU Timur Launching Pilkada Serentak 2024

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur resmi melakanakan peluncuran Pilkada serentak 2024, Senin (20/05/2024). Selain peluncuran Pilkada, KPU OKU Timur juga mengumumkan hasil sayembara Maskot dan Jingle Pilkada OKU Timur 2024.

Acara dìhadiri Wabup OKU Timur HM, Adi Nugraha Purna Yudha SH, Perwakilan KPU Sumsel, Forkompimda dan Organisasi Pers..Selain itu, juga dihadiri Kepala OPD, Organisasi Kepemudaan, Partai Politik, mahasiswa dan para pelajar SMA.

Ketua KPU OKU Timur Denis Firmansyah SPd I, MPd, menjelaskan, peluncuruan ini merupakan salah satu tahapan Pilkada serentak 2024.

Secara nasional, peluncuran Pilkada Gubernur dan Wagub, Bupati dan Wabup serentak telah berlangsung April 2024 di Yogyakarta.

"Kita OKU Timur kedua dì Sumsel telah melakukan peluncuran Pilkada serentak. Semoga pelaksanaan Pilkada ini berjalan sebagaimana mestinya," katanya.

Dia berharap kesuksesan Pemilu Februari 2024 bisa menjadi lebih baik saat pelaksanaan Pilkada ini. Pihaknya juga sudah melakukan evaluasi dan peningkatan kinerja badan ad hock untuk mensukseskan Pilkada November.

Denis meminta seluruh pihak yang terkait agar sama-sama mendukung proses Pilkada di OKU Timur agar berjalan lancar, aman dan sukses.

"Tanpa adanya dukungan seluruh pihak, kita sadar pelaksanaan Pilkada ini tidak akan berjalan maksimal. Untuk itu mohon supportnya," ungkapnya.

Ketua KPU OKU Timur meminta agar pemilih pemula, khususnya pelajar dan mahasiswa turut mendukung pelaksanaan Pilkada 2024.

Tanpa adanya kerja-kerja kolaboratif dari semua pihak, proses demokraasi dì Kabupaten OKU Timur tentu tidak akan berjalan lancar.

"Semoga kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari peluncuran Pilkada ini. Agar pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini terselenggara dengan baik, aman, lancar dan kondusif," ujarnya.

Wakil Bupati OKU Timur, HM, Adi Nugraha Purna Yudha,SH, mengapresiasi terlaksananya peluncuran Pilkada hari ini.

Peluncuran Pilkada ini merupakan salah satu langkah mengenalkan pendidikan politik kepada masyarakat.

Sehingga masyarakat OKU Timur lebih cerdas, lebih dewasa dan tidak mudah terprovokasi dalam mengikuti pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Ini momentum bagi kita untuk belajar tentang politik. Banyak yang mengira politik itu hanya sebatas memilih, tapi sebenarnya politik itu sangat kompleks,"imbuhnya.

Sebelum memilih dan mencoblos, ada banyak proses yang dilalui dalam politik dari tahapan, pembentukan PPK, PPS hingga KPPS.

Begitu juga dengan tahapan calon pemimpin. Ada penjariangan, pendaftaran, penetapan calon, masa kampanye hingga tibalah hari pelaksanaan pemilihan.

"Jadi politik ini tidak semata mencoblos, tapi politik sangat dinamis. Semoga masyarakat OKU Timur makin cerdas dalam berpolitik agar dapat memilih pemimpin yang amanah," katanya.

Share

Ads