loader

Basarnas Palembang Simulasi Evakuasi Penumpang Kapal Kandas

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Karena kesigapan tim SAR gabungan berhasil menyelamatkan 20 Warga Negara Asing (WNA) dan dievakuasi kedaratan. Inilah skenario Latihan SAR daerah yang digelar Basarnas Palembang di perairan Sungai Musi.

Kepala Kantor Basarnas Palembang Hery Marantika SH MSi mengatakan penyelamatan dan pertolongan kcelakaan kapal ini merupakan rangkaian dari kegiatan latihan SAR daerah yang diselenggarakan Basarnas Palembang.

Simulasi latihan SAR daerah yang digelar Basarnas Palembang di perairan Sungai Musi. "Dalam Latsarda ini ada skenario uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) sebagai kelanjutan dari kegiatan materi yang telah disampaikan dua hari ini,” kata Hery.

Latihan operasi SAR bertujuan untuk menguji Respons time, kesiapan, kemampuan personil serta alut dan meningkatkan koordinasi antara Basarnas Palembang dengan potensi SAR saat operasi SAR terjadi.

“Salah satu kriteria keberhasilan pelaksanaan operasi SAR selain kesiapan personil dan alut adalah kerjasama yang baik dengan potensi SAR yang berada di lapangan saat pelaksanaan operasi SAR itu sendiri,” ujarnya.

Sebagai insan SAR yang baik, sudah seharusnya terus giat berlatih dan tentunya juga harus terus menjaga kekompakan dengan potensi SAR yang ada.

Dalam latihan SAR daerah ini turut diikuti potensi SAR dari Lanal Palembang, Ditpolair Polda Sumsel, Korem Gapo 044 Palembang, Polresta Palembang, Imigrasi, Ksop, Disnav, SROP, KKP, BMKG, Dishub, BPBD, DKP, Dinkes, Dinsos, PMI, Orari, dan Rapi serta potensi SAR lainnya.

Share

Ads