loader

Sukses Dibimbing PTPN IV, Samino jadi Pengusaha Konveksi

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET.news - "Saya sudah dibina oleh PTPN IV sejak tahun 2001 dan dibantu pendanaan melalui PKBL sebesar Rp 15 juta. Itu jumlah yang sangat besar dan mampu membantu usaha konveksi saya yang sudah dimulai sejak tahun 1991," kata Samino kepada para wartawan, Selasa (30/3/2021).

Samino yang saat itu didampingi Ahmad Zarkasih, karyawan pelaksana PKBL PTPN iV, mengaku awalnya datang ke Medan dari kota kelahirannya, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, di tahun 1991 untuk kuliah.

Sebagai putra dari karyawan perkebunan PTP milik pemerintah, Samino mengaku ingin kuliah sambil berusaha. "Saat itu saya datang ke Medan dengan membawa buku pelajaran dan gunting, benang, dan jarum jahit untuk menjahit," ujar Samino.

Kuliah sambil berwirausaha menjahit terus ia lakoni sampai akhirnya tamat kuliah tahun 1996. Lalu saat bekerja di salah satu perusahaan, ternyata Samino tidak bisa melupakan bisnis menjahitnya. 

Beberapa tahun kemudian ia mundur dari pekerjaannya dan fokus menjahit. Ia juga sempat dua kali bekerja di perusahaan agar ilmu tekniknya yang diperoleh di UMSU bisa diaplikasikan.

Tapi ia kembali fokus menjahit. Setelah itu ayah dua anak ini tak mau lagi melamar pekerjaan dan konsentrasi di pengembangan konveksi. 

Share

Ads