loader

Secara Gratis, Pemkab Muba Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Prasejahtera di Muba

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin sungguh berbangga hati. Seperti air yang mengalir, berbagai bantuan terus disalurkan, mulai dari untuk masyarakat yang terdampak banjir, hingga saat ini pemerintah Kabupaten Muba kembali menyalurkan bantuan pangan beras untuk masyarakat warga pra sejahtera di Bumi Serasan Sekate. 

Pantauan di lokasi, tampak Pj Bupati H Apriyadi Mahmud memantau langsung proses penyaluran penerima bantuan pangan di Halaman Kantor Bupati
Musi Banyuasin, Jum'at (2/3/2024). 

"Ini gratis, kalau ada oknum yang minta-minta duit laporkan ke saya, jangan coba-coba pungli bantuan yang diberikan secara gratis oleh Pemerintah," tegas Pj Bupati Apriyadi Mahmud. 

Lanjutnya, bantuan pangan tersebut akan berjalan selama 6 bulan kedepan. 
Kemudian diberikan secara bertahap, yaitu tahap I diberikan pada bulan Januari - bulan Maret 2024 dan tahap II diberikan pada bulan April - bulan Juni 2024. Dengan komoditas beras 10 Kg berjumlah sebanyak 382.790 Kg. 

"Prinsipnya bantuan ini demi mengurangi beban masyarakat pra sejahtera di Muba. Semoga bantuan bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat," ucapnya. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muba  Ali Badri ST MT mengatakan, adapun tujuan dari penyaluran bantuan pangan pemerintah dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin ini, untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sasaran sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan. 

"Kemudian juga kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen, dan mengendalikan dampak inflasi," urainya. 

Ia merinci, penerima bantuan pangan adalah sebagai berikut, Kecamatan Babat Supat 1.829, Kecamatan Babat Toman 1.459, Kecamatan Batang Hari Leko 1.693, Kecamatan Bayung Lencir 5.084, Kecamatan Jirak Jaya 1.415, Kecamatan Keluang 1.860.

"Lalu, Kecamatan Lais 5.240, Kecamatan Lalan 2.376, Kecamatan lawang wetan 1.667, Kecamatan Plakat Tinggi 1.739, Kecamatan Sanga Desa 1.785, Kecamatan Sekayu 6.407, 
Kecamatan Sungai Keruh 1.040, 
Kecamatan Sungai Lilin 2.243, Kecamatan Tungkal Jaya 2.442. Dengan total keseluruhan 38.279," urainya. 

"Penyaluran bantuan pangan dilakukan secara bertahap hingga di bulan Juni. Kegiatan ini merupakan kegiatan antara Badan Pangan Nasional (BAPANAS),  Perum Bulog Dan Transportir PT. Pos Indonesia," tambahnya.

Share

Ads