loader

Puasa Tarwiyah Sabtu 15 Juni 2024, Lafal Niat dan Keutamaannya

Foto
Kurma biasa digunakan untuk berbuka puasa. (Foto: Ist/Freepik)

GLOBALPLANET - Dzulhijjah adalah bulan mulia dan banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Di antaranya puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah. Bagaimana niat dan keutamaannya?

Puasa pada hari ke delapan bulan Dzulhijjah disebut puasa Tarwiyah. Tahun ini, 8 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu 15 Juni 2024.

Mengutip NU Online, seperti ibadah lainnya, puada sunnag Tarwiyah juga dianjurkan melafalkan niat. Bila hendak melaksanakan puasa sunnah Tarwiyah, niat puasa Tarwiyah yaitu:

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi taala

Artinya: Saya niat puasa sunnah Tarwiyah hari ini karena Allah ta'ala

Masih dikutip dari NU Online, ulama dari Mazhab Syafi’i menganjurkan puasa delapan hari pertama bulan Dzulhijjah di samping anjuran puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. Mereka juga menganjurkan puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah) secara khusus.

Puasa selama 8 hari sebelum hari Arafah dianjurkan. Ini yang dimaksud dengan perkataan matan, “10 Dzulhijjah”. Tetapi puasa pada 8 Dzulhijjah dianjurkan sebagai bentuk ihtiyath terhadap hari Arafah dan juga termasuk 8 hari pertama Dzulhijjah (Syekh Said Muhammad Ba’asyin, Busyral Karim, (Beirut: Darul Fikr, 2012 M/1433-1434 H], juz II, halaman 488). 

Share

Ads