loader

450 Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Palembang, Disambut Pj Gubernur Sumsel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sebanyak 450 jemaah haji kloter 1 debarkasi Palembang tiba pada Minggu pagi (23/6/2024) sekitar pukul 10.00 WIB. Jemaah kloter pertama ini gabungan dari Musi Banyuasin dan Kota Palembang.

“Syukur Alhamdulillah semuanya lengkap berangkat 450 dan kembali 450. Kami mengucapkan selamat datang di tanah air, selamat datang di Sumatera Selatan, semoga semua ibadah haji dan semua amalan yang dilakukan selama di Madinah dan di Makkah diterima Allah Subhanahu Wa Ta'ala,” ucap Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat penyambutan di Asrama Haji Palembang.

Fatoni berpesan kepada jamaah haji untuk senantiasa menjaga ukhuwah Islamiah dan lebih meningkatkan ibadah setelah dari kepulangan menunaikan ibadah haji di tanah suci. Sebab ibadah haji bukanlah perjalanan biasa, karena tidak semua orang bisa menjalankannya dikarenakan ibadah haji merupakan panggilan dari Allah.

“Ada yang mampu secara finansial mampu uangnya ada, tapi belum tentu berangkat. Ada yang sehat juga, belum tentu berangkat. Ada yang punya uang dan sehat juga, belum tentu berangkat,” kata Fatoni.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel Syafitri Irwan merinci jumlah jemaah haji yang berangkat dari embarkasi Palembang pada tahun 2024 sebanyak 8.372 orang jemaah dan 95 orang di antaranya merupakan petugas kloter. 

“Jamaah haji embarkasi/debarkasi Palembang yang meninggal berjumlah 17 orang. Dua meninggal saat di embarkasi sebelum keberangkatan, sedangkan 15 jemaah meninggal di Arab Saudi,” jelasnya.

 

Share

Ads