loader

Libur Nataru Usai, Siapkan Ini Agar Semangat ke Sekolah

Foto

GLOBALPLANET - Sekarang, semua harus disimpan dan kembali bersiap dan mengalihkan semangat untuk kembali sekolah. Dikutip dari educenter, berikut hal yang harus dipersiapkan agar kembali semangat ke sekolah;

Menyiapkan Perlengkapan Sekolah

Pertama-tama, persiapan sebelum masuk sekolah yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan perlengkapan sekolahmu. Mulai dari seragam sekolah, buku pelajaran, tas, bahkan alat tulis yang akan kamu gunakan di sekolah.

Mengapa harus menyiapkan perlengkapan sekolah? setidaknya di hari pertama sekolah kamu tak perlu terburu-buru menyiapkan alat belajarmu lagi.

Fokus Pada Apa yang Ingin Dicapai

Ketika liburan, kamu boleh bersantai sambil menikmati waktu. Bangun lebih siang dan tidur lebih larut malam tanpa memikirkan sekolah sama sekali. Namun setelah libur panjang berakhir, kamu akan kembali menghadapi kenyataan bahwa perjuanganmu di sekolah belum selesai. Ingat-ingat lagi apa yang ingin kamu capai di semester ini. Tentunya kamu harus fokus untuk menjadi seorang yang lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana caranya? Kamu dapat membuat sebuah daftar kecil tentang apa saja yang ingin kamu lakukan di semester ini dan bagaimana cara mewujudkannya. Jadikan kesalahan di masa lalu sebagai pelajaran untuk menjadi seorang yang lebih baik.

Pastikan Tugas Sekolah Selama Liburan Sudah Dikerjakan

Biasanya sebelum libur panjang, siswa akan diberi tugas rumah seperti menulis esai atau mengisi soal di buku. Sebelum liburanmu berakhir, tak ada salahnya kamu mengecek kembali apakah semua tugas yang diberikan guru sudah dikerjakan semua. Jangan sampai kamu lupa dan baru teringat ketika sudah duduk di dalam kelas, ya!

Meluangkan Hari Tenang Sehari Sebelum Masuk Sekolah

Persiapan sebelum masuk sekolah berikutnya adalah meluangkan waktu sehari sebelum masuk sekolah. Anggap ini sebagai ‘hari tenang’, yang artinya kamu tidak melakukan aktivitas berat, hanya bersantai saja di rumah untuk mempersiapkan diri sebelum hari pertama sekolah.

Jangan lupa, setelah seharian bersantai, hindari untuk tidur terlalu malam. Sebab, jika waktu tidurmu singkat, dijamin kamu akan malas masuk sekolah karena masih mengantuk.

Ajak Temanmu untuk Berangkat Sekolah Bersama

Hari pertama masuk sekolah mungkin akan terasa menyebalkan sehingga kamu malas untuk menjalaninya. Maka, ajaklah teman dekatmu untuk berangkat sekolah bersama. Saat bertemu dengan teman dekatmu, kamu dapat bercerita apa pun sepanjang perjalanan menuju ke sekolah dan melupakan rasa malasmu. Bahkan, kamu akan merasa lebih bersemangat karena bertemu temanmu lagi usai libur panjang.

Datang Lebih Awal

Hari pertama masuk sekolah biasanya hari Senin, kan? Hari Senin ini merupakan hari paling sibuk karena setiap orang akan kembali ke aktivitas mereka sehari-hari. Tak heran bila di Senin pagi, jalan sudah macet dan banyak kendaraan di mana-mana. Jika kamu memilih berangkat lebih pagi, kamu takkan terjebak kemacetan dan kamu akan punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri sebelum pelajaran dimulai.

Setelah membaca 5 persiapan sebelum masuk sekolah di atas, semoga berhasil mengatasi rasa malas di hari pertama  Untuk orangtua semoga dapat memacu semangat putra dan putrinya sekolah setelah libur panjang, ya!

Share

Ads