Berita :: GLOBALPLANET.news

Warga Desa Perangi, dipimpin Kades didampingi anggota DPRD Dapil Merapi, Andi saat membuka lahan destinasi wisata. (Foto : Ferry Andika)

09 Februari 2020 15:40:12 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Keseriusan warga Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Lahat untuk meningkatkan potensi desa, mendapat dukungan penuh dari Andi Sucitera. Sebagai anggota DPRD Lahat dari daerah pemilihan II Kecamatan Merapi Area, Andi tidak hanya sekedar membantu materi. Tenaga, pikiran dan relasi, juga diberikannya agar keinginan masyarakat dalam membangun desa bisa terwujud.

Seperti rencana masyarakat Desa Perangai membuat objek wisata, Andi turun langsung ke lokasi pengembangan wisata air terjun (Cughub) Durian Tujuh. Andi bahkan ikut gotong rotong membersihkan semak, membuka jalan dan pelataran bagi pengunjung kelak.

"Sebagai anggota DPRD Lahat, pilihan warga Merapi Area, bagi saya yang utama bisa menyerap dan memperjuangkan aspirasi semua warga. Saya ingin desa-desa khususnya di Merapi Area bisa berdaya dan memiliki usaha," ujar Andi Sucitera, Rabu (5/2/2020).

Bukan hanya mengembangkan Cughup Durian Tujuh. Suami Putri Angraini ini juga memberikan saran agar warga juga kreatif untuk menarik perhatian pengunjung. Seperti menyewakan APV bagi pengunjung berkeliling bukit, berkemah, hingga outbond.

"Disekitar cughup dibuat kebun bermacam buah, hingga menyajikan tembakau perangai sebagai souvenir. Jika sudah berjalan nanti, bukan hanya nama desa yang dikenal, warga juga bakal ikut mendapatkan penghasilan," ucapnya.

Sementara, Kades Perangai, Sarial Edwin mengatakan, selain Cughup Durian Tujuh pihaknya juga berencana membuat embung desa, diisi berbagai jenis macam ikan. Dengan tanah desa seluas sekitar 500 hektar, banyak potensi yang bisa dikembangkan, tentunya bakal ikut banyak menyerap warga dan pemuda desa untuk ikut berpartisifasi mengembangkan potensi desa.

"Kami sangat senang dan berterima kasih, telah didukung oleh Andi selaku anggota DPRD Lahat. Kami berharap nantinya area wisata ini tidak hanya memberikan manfaat ke masyarakat, tapi bisa ikut tambah mengangkat nama Kabupaten Lahat," kata Sarial Edwin.

Reporter : Ferry Andhika Editor : M.Rohali 131