Berita :: GLOBALPLANET.news

10 Juli 2020 07:27:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB Prof Diah Natalisa menyarankan mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) Palembang yang berada di Jakabaring. MPP yang segera diresmikan ini dinilai perlu menyediakan layanan Drive Thru.

Menurutnya, sebagai salah satu MPP yang terbagus di Indonesia, MPP kota Palembang harus memiliki layanan-layanan yang semakin memberikan kemudahan bagi warganya.

"Kami selalu menganjurkan setiap MPP untuk menggabungkan sebanyak mungkin jenis layanan tapi tentu mempertimbangkan lokasi. Lay out dan MPP lokasi MPP Palembang merupakan yang terbagus sehingga cocok jika semua jenis pelayanan ada disini," ungkap Diah ketika kunjungannya ke MPP Palembang, Kamis (9/7/2020).

Selain itu kunjungannya kali ini guna melihat perkembangan terbaru dari MPP Palembang selagi menunggu kesiapan Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang kapan Mall Pelayanan Publik bisa diresmikan.

"Cukup surprise karena yang saya harapkan one stop service area menjadi semakin luas  karena sudah banyak kolaborasi. Ada juga MoU dari Gojek dan HIPMI yang didukung Bank Sumsel Babel," imbuhnya.

Ia berharap masyarakat dapat lebih tahu soal MPP karena dengan fasilitas ini masyarakat tak perlu susah payah berkeliling mengurus segala jenis perizinan dan administrasi. "Makanya tadi kita harus mengajak sebanyak-banyaknya stakeholder dan instansi supaya pelayanan yang dirasakan masyarakat lebih Paripurna," tandasnya.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa menambahkan, mengenai layanan Drive Thru di MPP akan dialokasikan APBD dan dimasukkan dalam skala prioritas.

"Ibu Deputi menekankan bahwa itu (Drive thru) dapat diresmikan tahun ini supaya bisa menjadi percontohan. Kalau mau MPP diresmikan maka harus bangun drive thru nya dulu, dan itu kita kejar dialokasi APBD-Perubahan yang nilainya Rp270 juta. Saya sudah minta ke Kepala BPKAD untuk memprioritaskan penyelesaian Drive Thru," tutur Dewa.

Pembuatan Drive thru ini kata Dewa harus diselesaikan tahun ini karena pihak Gojek yang digandeng Pemkot Palembang memperkirakan Drive thru akan selesai tahun 2021. "Tapi untuk proses pengantaran proses perizinan secara online, Gojek menyanggupi," tutupnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 98