Berita :: GLOBALPLANET.news

24 Juli 2020 17:06:58 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, mengingatkan Ditlantas Polda Sumut untuk bertindak keras terhadap praktek pungli di lapangan.

Dalam keterangan resmi yang diterima sejumlah media, Jumat (24/7/2020), permintaan Kapoldasu disampaikan saat memberikan pengarahan kepada Ditlantas Poldasu di Samsat Putri Hijau, Dit Lantas Polda Sumut, Selasa (21/7/2020).

Saat itu, setibanya di Mako Samsat Putri Hijau, Kapolda disambut Dir Lantas Kombes Pol. Wibowo SIK MHum, Wadir Lantas, para Kasubdit Dit Lantas, serta para perwira dan personil Dit Lantas.

Dalam arahannya, Kapolda minta agar personil Dit Lantas senantiasa bekerja secara profesional dalam melayani masyarakat serta tetap bersikap humanis dan tidak melakukan tindakan yang kontra produktif.

Kata dia, kebiasaan buruk personil seperti pungli, bersikap arogan, dan lain sebagainya agar diubah supaya citra Polri di tengah masyarakat semakin baik dan masyarakat semakin mencintai Polri.

“Jangan lagi ada pungli di lapangan. Kita harus membuat iklim yang kondusif dalam melaksanakan tugas supaya sistem pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik,” ujar Kapolda.

Ia mengingatkan, dalam melaksanakan tugas polisi harus memiliki keterampilan bela diri, utamanya kepada personil yang melaksanakan tugas dilapangan.

Kapolda juga mengimbau agar para komandan selalu mengarahkan anggotanya sebelum pelaksanaan tugas, sehingga pelayanan masyarakat dilingkungan Lalu Lintas tetap berjalan dengan baik.

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 217