loader

Sungai Musi Meluap, Air Genangi Rumah Penduduk

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Salah satunya warga di Lorong Hoktong, RT 6, Kelurahan 28 Ilir, Kecamatan IB II, Palembang yang merasakan dampak dari meluapnya air sungai Musi tersebut.

Pantauan globalplanet di lokasi, Minggu (25/10/2020) sekira pukul 17.30 WIB terlihat air sudah merendam sampai seluruh lantai rumah warga. Berbagai dampak yang timbul akibat genangan air tersebut, misalnya  sampah yang ikut terbawa arus masuk ke dalam rumah.

Selain itu, warga juga khawatir apabila ada gelombang air yang besar menerpa dinding rumah, akibat ada kapal yang melintas hingga menyebabkan rumah goyang, kalau rumah yang sudah tua atau tidak kuat bisa menjadi miring bahkan roboh.

Deta (41), warga Lorong Hoktong ketika diwawancarai mengatakan, memang air naik setiap tahun, "udah biaso kak, kalu nak akhir tahun naik tinggi," tuturnya.

Hal yang sama diungkapkan, Supardi (53), bahwa air sungai mulai tinggi hingga bulan Desember. "Alhamdulillah kalau rumah kita air cuma masuk di teras, karena rumah sudah ditinggikan," ungkapnya.

Ditambahkannya, yang membuat susah saat air naik seperti ini, yakni sampah-sampah yang dibuang di sungai. Sampah ini kemudian ikut masuk ke dalam rumah apabila air sampai masuk ke dalam. 

Share

Ads