Berita :: GLOBALPLANET.news

Panitia Pilkades Kota Baru laksanakan deklarasi damai dengan tujuan untuk menjaga OKU Timur tetap kondusif.(Foto: Ist)

23 Februari 2021 16:32:15 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, panitia pemilihan Pilkades Kota Baru, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur, Selasa (23/02/2021) menggelar deklarsi damai yang diikuti oleh delapan Bakal Calon (Balon) Kades. Hal ini perlu dilakukan agar pelaksanaan pilkades tetap kondusif .

Ketua Pelaksana Pilkades Kota Baru, M Edi Darmasyah, mengatakan, berdasarkan ketentuan yang ada untuk jumlah calon yang akan ikut pesta demokrasi di tingkat desa minimal dua dan maksimal lima. Sedangkan untuk di Desa Kota Baru Balon yang memasukan berkas jumlahnya sebanyak delapan orang.

Seluruh berkas calon yang masuk sudah diterima pihaknya sebagai panitia pelaksana Pilkades Kota Baru, dan sudah diserahkan ke Dinas PMD OKU Timur.

“Karena bekas yang masuk lebih dari lima sehingga tahapan berikutnya akan dilakukan seleksi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU Timur. Dari hasil seleksi itu nanti muncul lima nama calon dan tiga tereliminasi,” katanya.

Pihaknya menggelar deklarasi damai agar setiap bakal calon yang lulus leksi atau gagal agar menerima keputusan yang sudah ditetapkan.

Sebagai masyarakat OKU Timur dirinya juga berharap pelaksanaan Pilkades bisa berjalan dengan lancar, aman dan damai dan menghasilkan pimpinan desa yang amanah."Kita sama-sama mencintai desa kita, diharapkan tetap kondusif dan itu tanggungjawab kita bersama," ungkapnya.

Mengingat saat ini masih pandemi virus Covid-19, untuk itu setiap tahapan dilaksanakan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

Berdasarkan data di lapangan dari 305 desa di OKU Timur, sebanyak 233 desa akan menggelar Pilkades serentak ditahun ini.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 480