Berita :: GLOBALPLANET.news

24 Maret 2021 19:02:08 WIB

PALI, GLOBALPLANET.news - Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Kabupaten Penunal Abab Lematang Ilir (PALI) bertindak cepat mempersiapkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua KPU PALI, Sunario SE, menjelaskan, beberapa persiapan dilakukan jelang pelaksanaan PSU di TPS 6 Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara, TPS 8 Desa Babat dan TPS 9, 10 TPS Desa Airhitam Barat Kecamatan Penukal.

Adapun persiapan seperti pendanaan serta rekrutmen baru Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sedangkan untuk PPK dan PPS tetap menggunakan yang lama.

"Kita akan segera berkoordinasi dengan Pemda PALI untuk pembiayaan PSU nanti. Untuk anggaran lagi disusun oleh bagian perencanaan," ungkap Sunario, Rabu (24/3/2021). 

Menurutnya, sementara ini pihaknya akan kembali melakukan pengaktifan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Petugas KPPS yang 9 Desember 2020 kemarin tidak akan kita gunakan lagi, kita akan rekrut yg baru. PPK dua kecamatan, PPS tiga desa dan KPPS 4 TPS, akan segera kita lakukan pengaktifan PPK dan PPS, untuk KPPS akan kita rekrut baru," tambahnya.

Sementara logistik Pilkada, pihaknya sudah menyiapkan lembar surat suara Dimana, mata pilih keseluruhan di 4 TPS ini berjumlah 1564 suara. 

"Kita siapkan 2 ribu surat suara yang sudah dicetak. Dari 4 TPS dilakukan PSU. Tinggal persiapan yang lainnya, seperti melengkapi formulir C Pleno, Formulir Salinan, Daftar Hadir dan lain-lain," katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, yang akan memilih di empat TPS yang masuk dalam PSU tersebut, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1549 pemilih totalnya.

"Jadi nanti saat PSU, bukan hanya DPT saja yang akan memilih. Tetapi pemilih yang terdaftar di Daftar

Pemilih Pindahan (DPPh, red), dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb, red), yang saat pemilihan di 9 Desember 2020 lalu memilih di TPS yang di PSU," terangnya.

Sementara, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Penukal dan Kecamatan Penukal Utara mengaku, masih menunggu instruksi lanjutan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

"Kami masih menunggu instruksi dan arahan lanjutan dari KPU Kabupaten PALI. Sejauh ini belum ada panggilan," ungkap Ketua PPK Kecamatan Penukal, Alamsyah.

Menurutnya, pihaknya sementara ini belum bisa melakukan persiapan apapun terkait PSU, baik lokasi TPS maupun persiapan penunjang lainnya. "Namun, euforia bahasan masyarakat sudah banyak yang mengetahui bahwa akan ada Pemilihan ulang di wilayah itu," ungkapnya.

Senada, dikatakan Ketua PPK Kecamatan Penukal Johan, bahwa diwilayahnya hanya ada satu TPS yang PSU. "Untuk data pemilih masih yang lama. Kita masih menunggu, Yang jelas. Insyaallah dalam 30 hari kedepan akan langsung kita gelar. Tinggal kita rapat kepastian bersama KPU Sumsel dan KPU RI," ujarnya

 

Reporter : Eko Jurianto Editor : amarullah 139