loader

Gubernur Sumsel Datangi Lokasi Banjir Bandang di Empat Lawang

Foto

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - "Ini bentuk perhatian kami (pemerintah) kepada masyarakat. Atas nama pribadi dan Gubernur saya turut prihatin," kata Herman Deru.

Selain datang untuk meninjau kondisi warganya, Gubernur Herman Deru juga membawa sejumlah bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana tersebut seperti, makanan siap saji, makanan anak, selimut, matras, tenda gunung, familly kit, dan paket sembako. Tidak hanya itu, bantuan alat pertanian juga diberikan kepada masyarakat seperti combine harvester, pompa air, serta 2,5 ton benih varietas unggul baru Balitbangtan. "Semoga bantuan yang diberikan ini bermanfaatkan dengan baik," imbuhnya.

Diketahui, bencana banjir bandang di Kecamatan Pasemah Air Keruh Kabupaten Pali menyasar di 12 desa. Sedikitnya, 897 rumah terendam air dan 2 rumah rusak parah. Selain itu, satu unit jembatan gantung penghubung antar desa juga rusak parah akibat terjangan banjir.

Sekitar 512 herktar lahan pertanian pun terancam gagal panen lantaran ikut terendam  banjir tersebut.

Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad menyebut, dari 512 hektar lahan yang terendam air, diyakinin hanya sekitar 215 yang bisa diselamatkan. "Sekitar 200 hektar mungkin bisa diselamatkan, asal kita segera melakukan perbaikan pintu air dan harus selesai satu minggu ini," katanya.

Yang tak kalah penting, sambungnya, yakni sesegera mungkin melakukan perbaikan jembatan gantung yang rusak akibat banjir tersebut. "Jembatan ini sangat penting bagi masyarakat. Sebab itu memang harus cepat dilakukan perbaikan. Kita tentu mengucapkan terima kasih perhatian dan bantuan yang telah diberikan pak Gubernur," ujarnya.

Share

Ads