loader

DMSI Sarankan 4 Langkah Ini Agar TBS Sawit Naik

Foto

Kedua, tarif potongan BPDPKS di level 0 persen mulai 15 Juli 2022 agar diperpanjang ke bulan Oktober 2022. Selain itu bea keluar juga diberi relaksasi dengan diskon dari posisi sekarang sebesar 25 persen mulai Agustus sampai Oktober 2022.

Ketiga, pemerintah tetap konsisten mengembangkan program minyak curah kemasan “MinyaKita” dan mempromosikannya dengan branding product yang higienis. Selain itu, kepemilikan merek dagang itu diserahkan ke operator distribusi milik pemerintah, Bulog dan ID Food yang dibagi 50:50.

Keempat, berbagai pihak harus saling gotong-royong menjaga keterjangkauan harga minyak goreng untuk masyarakat sesuai arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, yakni menjadikan harga MinyaKita menarik bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, pemerintah perlu mendorong penuh selama periode waktu tertentu. Salah satunya dengan membuat harga MinyaKita Rp 13.000 per liter atau harga di bawah harga minyak curah.

“Pemerintah juga perlu mengenalkan MinyaKita sebagai produk higienis dan endorsemnet ke masyarakat luas dengan cara memberikan PPN-DTP 0 persen (pajak ditanggung pemerintah) selama 1,5 tahun dari Agustus 2022-Desember 2023),” kata Sahat.

Dengan empat langkah tersebut, Sahat yakin harga TBS petani bisa segera meningkat ke level Rp 1.600 per kilogram, tangki-tangki yang berisi CPO tak lagi penuh, serta volume ekspor tinggi sekaligus memberikan perolehan devisa yang besar.

Kementerian Keuangan baru saja menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 115 Tahun 2022 yang mengatur perubahan tarif pungutan ekspor terhadap seluruh produk kelapa sawit dan turunannya. Pemerintah menggratiskan pungutan tersebut hingga akhir Agustus.

“Sampai 31 Agustus 2022, tarif pungutan ekspor produk sawit dan turunannya, seperti tandan buah segar, biji sawit, minyak sawit mentah (CPO), used cooking oil, dan sebagainya ditetapkan nol rupiah,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Nusa Dua, Bali, Sabtu 16 Juli 2022.

Share

Ads