loader

Jadi Tempat Pelelangan, UPPB Sumber Jaya Diharapkan Dongkrak Harga Karet

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Camat BP Bangsa Raja, OKU Timur, Muhammad Andrie mengatakan, di bidang pemberdayaan, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kecamatan BP Bangsa Raja menggelar pembinaan pengolahan dan pemasaran bahan olahan karet rakyat (Bokar) di Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Sumber Jaya. Kegiatan ini dipandu langsung petugas dari Dinas Perkebunan Sumatera Selatan (Sumsel) didampingi Dinas Pertanian OKU Timur, dan Kecamatan BP Bangsa Raja. "Hasil dari pembinaan tadi diantaranya UPPB Sumber Jaya ini akan diberikan nomor register oleh Kementerian Pertanian," katanya.

Selain itu UPPB Sumber Jaya akan dijadikan sebagai tempat pelelangan resmi yang nantinya pihak perusahaan bisa langsung bertemu petani. C Cara ini tentu bertujuan agar harga jual karet milik masyarakat bisa terangkat. "Jika harga karet masyarakat bagus otomatis daya beli masyarakat meningkat," jelas Andrie.

Sementara Koordinator BPP BP Bangsa Raja, M Dahyar Adiguna, mengatakan keuntungan lainnya jika UPBB menjadi tempat pelelangan resmi dapat mengontrol langsung harga dengan menjamin mutu karet. Kedepan bahkan pihaknya akan mengupayakan pelelangan yang berbasis digital. "Kita akan memperbesar kapasitas tampung dan menambah mitra perusahaan sehingga proses jual beli hasil petani karet disini memiliki daya jual yang bagus," ungkapnya.

Share

Ads