loader

Ahmad Zarkasih: PKBL PTPN IV Tak Cari Untung, Namun Modal Harus Tetap Dikembalikan

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - Perusahaan perkebunan sawit dan teh ini juga menjalankan kewajiban melalui program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) yang pembiayaannya diambil dari keuntungan perusahaan sesuai aturan yang berlaku.

"Melalui PKBL, PTPN IV benar-brnar melakukan pembinaan ke UMKM binaan. Kami tak memikirkan keuntungan, namun tanggungjawab pengembalian modal usaha tetap harus dilaksanakan binaan kami," kata Ahmad Zarkasih, karyawan pelaksana PKBL PTPN IV, kepada para wartawan.

Hal itu dikatakan Ari, nama panggilan Ahmad Zarkasih, di lokasi usaha Samino, pengusaha konveksi binaan PKBL PTPN IV, di Gg Air Bersih Jl Jermal 15, Kecamatan Medan Denai, Medan, Selasa (30/3/2021) siang.

Kata Ari, dalam melaksanakan program PKBL, termasuk untuk pendanaan usaha UMKM, selalu dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) yang kemudian nanti dijadikan dasar pembinaan agar UMKM yang diberi bantuan dana benar-benar bisa berkembang.

"Kan, maksimal tiga kali bantuan pendanaan kami cairkan ke pelaku UMKM binaan. Jadi, itu harus bisa dimaksimalkan dan harus bisa membuat binaan kita berkembang," ujarnya.

Di masa pandemi Covid-19, pihaknya pun tetap melakukan pembinaan, termasuk melalui aplikasi Zoom atau video call dengan pelaku UMKM binaan.

"Di akhir tahun 2019, sebelum Covid-19, Pak Samino dan pelaku UMKM lain yang kami bina juga pernah kami bawa studi banding ke para pelaku UMKM di Kota Semarang, Jawa Tengah," kata Ari.

Samino sendiri mengaku sangat puas atas bimbingan para tenaga pelaksana PKBL PTPN IV sehingga membuat usaha konveksinya semakin eksis hingga saat ini.

"Bahkan saya turut merekomendasikan ke teman-teman saya yang juga pelaku UMKM agar berusaha meminjam dana ke PKBL PTPN IV. Sebab, nanti akan ada bimbingan dan kontrol atas perkembangan usaha kita," kata Samino.

Share

Ads