loader

Regal Springs Indonesia Serahkan Ratusan Ribu Bibit Ikan Nila

Foto

SUMUT, GLOBALPLANET - "Seperti yang kami lakukan padabtanggal 22 September lalu. Saat itu kami menyerahkan bantuan 350.000 bibit ikan nila atau tilapia kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) budidaya ikan di Kolam Dewan UMKM Desa Sei Buluh, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai. Kebetulan lokasinya dekat dengan wilayah operasional Regal Springs Indonesia," ujar David Tampubolon selaku Head of Corporate Affairs Regal Spring Indonesia dalam keterangan resmi  kepada sejumlah media di Medan, Jumat (1/10/2021).

Ia mengatakan bantuan itu merupakan sinergi antara Regal Springs Indonesia bersama stakeholder terkait di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), seperti DPRD, Dinas Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten, UMKM dan kelompok tani budidaya ikan nila.

David menegaskan banguan itu merupakan realisasi dari program Keberlanjutan "KAMI PEDULI - Water Access" untuk mendukung perekonomian, meningkatkan ekosistem sungai dan ketahanan pangan Kabupaten Sergai di masa pandemi.

“Program ini adalah salah satu langkah kami untuk dapat bermanfaat secara secara sosial dan ekonomi terhadap masyarakat yang terdampak pandemi” ujar David Tampubolon.

David tampubolon menyebutkan, penyerahan dan penaburan benih pada tanggal 22 September tersebut dihadiri oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sri Wahyuni Pancasilawati, Ketua Dewan UMKM Kabupaten Budi Sumalim, dan Kapolres AKBP Robinson Simatupang.

Yang membuat RSI bangga,kata David, adalah pernyaaan Baoti Sergai saat itu yang menilai penyerahan bantuan itu adalah salah satu bentuk kehadiran kolaborasi pemerintahan dengan pelaku usaha di tengah masyarakat untuk terus mendukung upaya pemulihan ekonomi.

Sementara itu Dian Octavia selaku Senior Manager Corporate & Community Affairs, mengungkapkan, selain bantuan tanggal 22 September, Regal Springs Indonesia juga menyerahkan bantuan yang sama ke masyarakat di dua desadi Sergai pada tanggal 9 September.

Dua desa itu yakni Desa Lidah Tanah, Kecamatan Perbaungan, dan Desa Bogak Besar, Kecamatan Teluk Mengkudu. "Saat itu, Ketua DPRD Sergai dr M Riski Ramadhan Hasibuan SH SE MKM turut menyaksikan penyerahan bantuan ikan nila yang kami berikan kepada para pelaku UMKM di dua desa tersebut," kata Dian.

Ia menegaskan, seluruh penerima manfaat dari program "KAMI PEDULI – Water Access" ini adalah para petani tambak yang tergabung dalam 17 kelompok budidaya perikanan (Pokdakan) dan 1 kelompok UMKM yang beranggotakan 40 pengusaha.

Semua penerima bantuan, kata Dian, berada di sejumlah kecamatah yang berdekatan dengan wilayah operasional Regal Springs Indonesia. Kata dia, rata-rata bantuan untuk para UMKM budidaya ikan mendapatkan sebanyak 1.000 sampai 2.000 ekor bibit ikan nila.

"Kami berharap melalui rangkaian pemberian bantuan bibit ini para petani tambak dapat dan meningkatkan panen, sehingga usaha mereka tetap berjalan dengan baik dimasa pandemi ini,” kata Dian. 

Share

Ads