loader

Presiden Apresiasi Pagar Alam Sebagai Kota Hijau Pertama di Indonesia

Foto
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru mengunjungi Kota Pagar Alam, Senin (24/1/2022). (Foto: Humas Sumsel)

Sementara Gubernur Provinsi Sumsel H. Herman Deru sebelumnya dalam laporannya menuturkan, Kota Pagar Alam merupakan kota yang supply energi listriknya berasal dari pemanfaatan tenaga air sebagai sumber energi untuk masyarakatnya, hal tersebut upaya  bersama dari Kementerian BUMN, Kementerian Investasi, PLN, Pemprov Sumsel dan Pemerintah Kota. 

“Letak dari pembangkit PLTA di daerah dua sisi Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat, supply listriknya 18 MW  100 persen menyuplay Kota  Pagaralam ini, tidak tersisa semunya memakan energi terbarukan. Dari pencanangan hari ini Pemerintah Provinsi Sumsel mengharapkan kedepannya akan semakin banyak pemanfaatan dan penambahan energi yang berasal dari energi baru dan terbarukan,” ungkapnya.

Beberapa contoh pemanfaatan sektor energi baru terbarukan di Sumatera Selatan lanjut  Herman Deru secara rinci antara lain, Sumber Energi Surya sebesar kurang lebih 3,3 MW, baik itu berupa PLTS Terpusat, PLTS tersebar dan PLTS Rooftop.

Kemudian Sumber Energi Air sebesar 18 MW, berupa PLTMH baik yang dibangun oleh Independent Power Producer (IPP) ataupun Pemerintah. Selanjutnya Sumber Energi Panas Bumi sebesar 55 MW yang berasal dari Pembangkit listrik tenaga panas bumi Lumut Balai di wilayah perbatasan Kabupaten Muaraenim dan Kabupayen OKU Selatan dan 91,2 MW yang berasal dari Pembangkit listrik tenaga panas bumi Rantau Dedap di wilayah perbatasan Kabupaten Muaraenim, Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam. 

Share

Ads