loader

Program Pengendalian Banjir Palembang, Pemkot Bangun Kolam Retensi

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pemkot Palembang terus berupaya mengatasi genangan air maupun banjir. Salah satunya dengan membangun kolam retensi di kawasan Jl Lubuk Kawah, Kecamatan Sukarami.

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa, Rabu (13/4/2022) meninjau lokasi pembangunan kolam retensi itu.
"Lahan ini milik warga, luasnya 4 hektare. Semua sudah dibebaskan lahannya, hasil kerja sama Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel," kata Dewa.

Untuk pembangunan kolam retensinya, lanjut Dewa, akan dilakukan oleh Balai Sungai Wilayah Sumatera VIII.

Kepala Dinas PU-PR Kota Palembang, Ahmad Bastari, mengatakan, pembangunan kolam retensi ini diperkirakan dananya Rp57 miliar. "Itu dari BBWSS VIII yang akan melakukan pembangunan. Target tahun depan bisa selesai," ujarnya.

Bastari menambahkan, dengan adanya kolam retensi ini diharapkan bisa mengatasi banjir di Kelurahan Sukarami, Kelurahan Kebun Bunga, Kelurahan Sukajaya. "Saat ini Palembang sudah ada 46 kolam retensi. Kalau yang ini selesai dibangun jadi ada 47 kolam retensi," jelas Bastari.

Diakui Bastari, jumlah kolam retensi di Palembang masih belum ideal. Berdasarkan studi dari ITB tahun 2004, kebutuhan kolam retensi di Palembang, yakni sebanyak 77 kolam retensi.

"Sedangkan berdasarkan studi dari Bappeda tahun 2014, Palembang butuh 103 kolam retensi. Dan terakhir, studi dari Korea tahun 2016 Palembang butuh 140 kolam retensi," kata Bastari.

Share

Ads