loader

Kelapa Sawit Banyak Limba? Cek Faktanya

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Indonesia sebagai penghasil sawit terbesar di dunia harus banyak bersyukur dan waspada. Sebagai produsen sawit nomor satu di dunia, industri sawit Indonesia terus dihantam kampanye negatif yang seakan-akan sawit tidak ada baiknya sedikit pun.

Padahal, sebagai tanaman, kelapa sawit tanaman lainnya bahkan sangatlah produktif. Setiap bagiannya dapat dimanfaatkan sehingga tidak ada yang terbuang. 

Bahkan produk turunan yang dihasilkan dalam proses produksi dan pengolahan minyak kelapa sawit dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti energi atau pakan ternak, sehingga menjadikan kelapa sawit salah satu tanaman alami tanpa limbah produksi.

Mengutip informasi di laman Dinas Perkebunan dan Peternakan Paser, berikut beberapa fakta menarik tentang buah kelapa sawit: 

1. Sabut dan cangkang kelapa sawit merupakan produk turunan limbah setelah buah kelapa sawit diolah guna mengekstraksi minyak sawit mentah CPO. Keduanya lalu dikumpulkan dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk ketel uap (boiler) di pabrik kelapa sawit (PKS).

2. Limbah cair kelapa sawit (LCKS) adalah air buangan yang dihasilkan PKS dalam proses pengolahan minyak sawit mentah. Bahan ini dapat dapat menjadi pupuk organik di areal kebun setelah dilakukan pengolahan di fasilitas instalasi pengolahan air limbah (IPAL) perusahaan guna menurunkan kadar keasaman serta tingkat Biochemical Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD).

LCKS juga dapat digunakan sebagai energi biogas setelah diproses menggunakan teknik penangkapan metana.

3. Daging buah kelapa sawit yang juga dikenal sebagai mesokarp, diekstrak menjadi minyak sawit. Lalu inti di bagian tengah buah sawit juga dapat diolah menjadi minyak inti kelapa sawit. Minyak sawit dan minyak inti kelapa sawit digunakan di banyak produk rumah tangga, mulai dari minyak goreng hingga detergen.

4. Janjang kosong adalah bagian yang tersisa setelah setiap buah kelapa sawit dipotong dari tandannya. Janjang kosong ini dibuat menjadi kompos dan digunakan kembali sebagai pupuk organik di kebun.

5. Pohon kelapa sawit yang telah ditebang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan mebel (furnitur) dan lainnya.

6. Daun yang telah dipotong dari pohon kelapa sawit dapat dibuat menjadi mulsa atau penutup tanaman budi daya dan digunakan sebagai pupuk.

7. Pelepah yang telah dipangkas dapat diaplikasikan di dalam tanah saat pohon kelapa sawit bisa ditanam kembali, dan berfungsi sebagai pupuk organik. Bagian ini juga dapat membantu menjaga kelembaban tanah. 

Demikian beberapa informasi menarik tentang kelapa sawit. 

 

Share

Ads