loader

OKI dan Muba, 2 Kabupaten Paling Luas Terjadi Karhutla di 2023

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dua wilayah paling banyak lahan dan hutan terbakar dan di Sumatera Selatan (Sumsel) selama musim kemarau tahun 2023. Dua wilayah tersebut yakni Kabupaten OKI dan Musi Banyuasin.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel mencatat wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir paling banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau disusul kedua Kabupaten Muba. 

Kasubdit 4 Tipidter AKBP Tito Dani kepada wartawan Kamis 7 September 2023 mengatakan, Polda Sumsel dan jajaran menangani 16 perkara kasus Karhutla di Sumsel. Dari 16 perkara tersebut ada 31 orang yang dijadikan tersangka. 

"Semuanya dari perorangan, namun ada juga indikasinya dari korporasi tapi masih diselidiki. Lahan yang terbakar paling banyak di OKI dan Muba," kata Tito. 

Dikatakan Tito, dari 16 perkara kasus Karhutla yang ditangani saat ini sudah dalam proses pelimpahan tahap dua ke JPU. Total lahan yang terbakar dari 16 perkara karhutla sekitar 30 hektare.

Sesuai instruksi Presiden melalui Kapolri pihaknya akan menindak tegas setiap pelaku pembakaran hutan dan lahan secara sengaja baik perorangan maupun korporasi. 

"Jadi jangan ada lagi alasan masyarakat maupun korporasi yang akan membuka lahan dengan sengaja dibakar sekecil apapun lahan yang akan dibuka karena api itu muncul dari kecil lalu membesar," katanya. 

Share

Ads