loader

Meski Terik Matahari dan Puasa Pasukan Oranye OKU Timur Arak Piala Adipura Keliling Martapura

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), pada Senin (18/03/2024) sore menggelar arak-arakan piala Adipura keliling Kota Martapura.

Meskipun situasi panas dan dalam keadaan puasa tidak menyurutkan niat pasukan orange maupun petugas kebersihan untuk mengikuti proses arak-arakan sebagai bentuk syukur atas berhasil diraihnya piala Adipura.

Pemkab OKU Timur melalui DLH  berhasil meraih piala Adipura yang keempat kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada penilaian 2011, 2012, 2018 dan 2023.

Rute yang dilalui oleh peserta arak-arakan Piala Adipura  dari Lapangan Taman Tani Merdeka Martapura, kemudian melintasi Jalan Tugu Tani Pasar Martapura dan Tugu Pengantin Komering, lalu memasuki kawasan Pemkab OKU Timur dan berakhir di Balai Rakyat Setda OKU Timur.

Setiba di Balai Rakyat, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama, Seremonial dan pembagian seragam baru untuk petugas PHL maupin yang biasa disebut pasukan oranye dan diserahkan  oleh Bupati OKU Timur Ir,  H, Lanosin, MT.

"Alhamdulillah kita bisa merayakan syukuran atas diraihnya penghargaan piala Adipura ini. Penyerahan yang dilaksanakan di Jakarta beberapa belum lama ini, ternyata se Sumatera Selatan hanya ada empat  kabupaten termasuk kita  OKU Timur, dan ternyata kita kabupaten termuda dari empat kabupaten tersebut. Kita patut bangga dan wajib mempertahankannya,"ungkap Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan, 

Piala Adipura ini bukan hanya untuk Pemkab OKU Timur namun untuk seluruh masyarakat khususnya  PHL maupun pasukan oranye. "Adipura ini kita peroleh bukan karena adanya perintah,  kepada masyarakat diingatkan untuk menciptakan lingkungan dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat, namun karena itu sudah terbiasa dilakukan,"imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Bumi Sebiduk Sehaluan  bersama jajaran pejabat Pemkab OKU Timur memberikan hadiah khusus bagi  pasukan oranye  dengan memberikan ratusan baju seragam baru, menaikkan gaji petugas, serta akan memberikan Tunjangan Hari Raya, serta ada tiga  orang yang mendapatkan hadiah umroh.

"Sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan bagi petugas kebersihan maka kami telah memutuskan untuk memberikan hadiah, yang pertama baju seragam baru, kenaikan gaji akan kami usulkan pada  2025,  THR Insya Allah H-7 lebaran dan hadiah umroh gratis kepada tiga orang petugas kebersihan,"terangnya.

 "Alhamdulillah atas dukungan Bapak Bupati, Wakil Bupati, dan seluruh elemen masyarakat terutama pasukan kuning maupun  pasukan oranye, akhirnya kita bisa meraih penghargaan anugerah piala Adipura tahun 2023, kita patut bersyukur,"jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Timur Feri Kadin, ST, MM,

Tujuan dari kegiatan ini tidak lain hanya bentuk syukur k dan memberikan apresiasi kepada  pahlawan  kebersihan  pasukan oranye yang telah memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran demi menjaga kebersihan lingkungan khususnya di wilayah kota Martapura,terang mantan Kabag LPSE Setda OKU Timur ini.

Turut hadir Wakil Bupati HM, Adi Nugraha Purna Yudha, SH, Sekretaris Daerah H, Jumadi, S.Sos, Penanggung jawab titik pantau Adipura, Kepala OPD, Camat, Kaban, Direktur RSUD, dan Kabag di Lingkungan Pemkab OKU Timur serta para petugas kebersihan atau pasukan oranye.

Share

Ads