loader

Harapan di Peringatan HLHS 2024 di Sumsel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2024 di Sumatera Selatan (Sumsel) digelar Benue Kebon Gede Palembang pada Rabu (31/7/2024). Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak menjaga lingkungan dan pemulihan lingkungan.

"Saya memberikan apresiasi kepada yang menerima penghargaan, tapi yang lebih penting adalah tetap semangat untuk menjaga lingkungan," ucap Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi dikutip Kamis (1/8/2024).

HLHS diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 5 Juni dan untuk tahun 2024 mengambil tema, “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Dia menilai tema tersebut sangat cocok dengan kondisi saat ini yang fokus pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. 

"Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim," katanya.

Pemulihan dari degradasi lahan sangat penting dilakukan, karena menjadi ruang hidup manusia, sebagai penyedia makanan, pakaian, dan tempat perlindungan. Lahan mendukung perekonomian, kehidupan, dan mata pencaharian. Karena itu perlu ditingkatkan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan. 

“Pemulihan berkaitan langsung dengan penyelesaian krisis iklim. Dalam upaya penyelesaian krisis iklim, inovasi dan prinsip keadilan memegang peran penting," tambahnya.

Elen mengajak seluruh masyarakat Sumsel untuk terus menggalakkan menjaga lingkungan, mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif agar tercipta lingkungan sehat.

"Mari kita hidupkan kembali dan tanamkan pengetahuan dan pendekatan modern inovatif menuju Provinsi Sumsel yang lebih bersih, hijau dan bebas plastik," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Pertanahan Provinsi Sumsel, Herdi Apriansyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah masyarakat bersama stakeholder atas kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"Peringatan hari lingkungan hidup sedunia merupakan momentum penting untuk menumbuhkan kesadaran, kepedulian terhadap lingkungan yang sehat hal ini tentu perlu dukungan semua pihak," katanya.

Pada kesempatan ini Pj Gubernur Elen Setiadi memberikan penghargaan IKPLHD kepada Kabupaten Muba, Walikota Palembang, Kabupaten OKI, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Ogan Ilir. Kemudian memberikan penghargaan Kalpataru, Adiwiyata, Proklim dan Karhutla.

Share

Ads