loader

Jalan Protokol dan Taman di Muba Disemprot Disinfektan

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Penyemprotan yang dilakukan mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai pada Rabu (25/3/2020) itu bertujuan untuk memutus penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Bumi Serasan Sekate.

"Hari ini, demi untuk menjaga dan mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Kita melakukan penyemprotan disinfektan, mulai dari Lapangan Gelanggang Remaja, jalan Kolonel Wahid Udin, Jalan KS Ahmad Dahlan, dan sejumlah taman yang selama ini menjadi tempat wisata dan banyak dikunjungi masyarakat," ujar Kapolres Muba, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem.

Cairan disinfektan yang disemprotkan ke jalan protokol dan sejumlah taman tersebut sambung dia yakni sebanyak 15.000 liter, disemprotkan menggunakan mobil water canon dan mobil pemadam kebaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba.

"Ya, 15.000 liter kita semprotkan disinfektan. Jika tidak ada halangan, kedepan kegiatan ini kita lakukan lagi, terutama di pintu-pintu masuk Kabupaten Muba," jelas dia.

Selain dengan penyemprotan, upaya pencegahan dilakukan pula dengan cara sosialisasi hingga ke desa-desa terkait bahaya Virus Corona dan adanya Maklumat Kapolri No. Mak/2/III/2020. Diantaranya masyarakat diminta untuk tidak mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan orang atau massa dalam jumlah besar. Baik ditempat umum maupun dilingkungan sendiri.

"Sosialisai terus kita lakukan, semalam kita juga bersama Kodim 0401/Muba dan Sat Pol PP Muba melakukan razia untuk meminta masyarakat yang berkumpul agar membubarkan diri. Ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan," tegas dia.

Sementara itu, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mengimbau kepada masyarakat Muba agar mengurangi aktivitas di luar rumah agar terhindar dari ancaman Covid-19. "Keluar rumah seperlunya saja dan lengkapi diri dengan pemakaian masker dan hand sanitizer," kata dia.

Selain itu, juga tetap mengerahkan Jajaran serta seluruh Camat bersama TNI, Polri dan Kades dalam wilayah Kabupaten Muba agar terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat betapa pentingnya menerapkan social distancing (menjaga jarak antar manusia) sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia dan ditindaklanjuti melalui Maklumat Kapolri.

"Jumlah warga Kabupaten Muba hampir 600 ribu dengan sebaran di 227 desa belum lagi kelurahan dan dengan luasan yang tersebar jauh. Oleh sebab itu, upaya edukasi ini perlu dilakukan secara massal, baik ASN maupun komunitas yang ada, untuk melakukan sosialisasi dengan SOP yang jelas kepada masyarakat," tandas dia.

Share

Ads