loader

Satu Lagi PDP di Muba Meninggal, Pemakaman dengan Protokol Kesehatan

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Dengan begitu, hingga saat ini di Kabupaten Musi Banyuasin terdapat 3 PDP meninggal dunia yakni PDP 24, PDP 26 dan PDP 32. Sedangkan dua pasien dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes swab dan saat ini dirawat di RSUD Sekayu dan RSUD Sungai Lilin.

Dari informasi yang dihimpun, PDP 32 masuk RSUD Sekayu pada Minggu (26/4/2020) lalu. Dimana pasien mengalami kondisi kesehatan yang buruk dan akhirnya meninggal dunia.

"PDP 32 ini dari hasil rapid test negatif, namun sebelum meninggal dunia sudah diambil swab dan tinggal menunggu hasil karena belum bisa dipastikan apakah positif atau negatif covid-19," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 di Muba, Herryandi Sinulingga AP. 

Guna meminimalisir hal yang tidak diinginkan, sambung Lingga, pihaknya telah berkoordasi dengan keluarga pasien terkait proses pemakaman dengan prrotokol kesehatan.

"Diputuskan pemakaman berdasarkan protokol kesehatan dan pihak keluarga juga menerima dengan penjelasan yang diberikan," kata dia.

Lebih lanjut Lingga mengatakan, dari data Gugus Tugas Covid-19 Muba per 27 April 2020 tercatat sebanyak 258 ODP, dimana jumlah ODP selesai pemantauan 215 Orang dan masih dalam pemantauan sebanyak 43 orang ODP, sedangkan 31 orang masuk dalam kategori OTG.

"Untuk PDP 32 orang, tercatat pula ada sebanyak 11 PDP yang kondisi kesehatannya membaik dan berdasarkan swab BBLK Palembang dinyatakan negatif covid-19," ucap dia. 

Sementara, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin, menghimbau kepada masyarakat Muba yang diperantauan untuk tidak mudik terlebih dahulu. "Tunda dulu mudiknya, kita patuhi aturan Pemerintah demi memutus rantai penularan covid-19," terang dia.

Dodi mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya PDP-32 Muba dan ia memastikan proses pemakaman tetap akan dilakukan sesuai SOP Protokol Kesehatan. "Meski masih menunggu hasil swab namun pelaksanaan pemakaman akan dilakukan sesuai SOP protokol kesehatan," tandas dia.

Share

Ads