loader

Buaya Muncul di Pinggir Sungai Komering, Warga Harus Waspada

Foto

OKI, GLOBALPLANET.news - Terbaru, salah seorang warga Desa Bubusan Baru Kecamatan Jejawi berhasil menangkap buaya berukuran lebih dari 2 meter saat menangkap ikan di sungai. 

Kepala Desa Bubusan Baru, M Kholis, menuturkan, penangkapan buaya tersebut berawal dari salah saru warga mencari ikan di pinggir sungai. "Warga di sana, memanfaatkan pinggiran sungai dengan menjadikan sawah," ungkapnya.

Dilanjutkannya, di sekitar sawah tersebut banyak terdapat ikan sehingga warga juga terbiasa menangkap ikan untuk dikonsumsi. "Saat itu juga, ternyata buaya tersebut juga sedang mengejar ikan di sawah pinggir sungai. Warga langsung menangkap buaya tersebut," kata dia.

"Setelah diikat, buaya tersebut dibawa pulang. Baru dilaporkan dengan kami selaku perangkat desa, dan langsung saya lanjutkan informasi penangkapan buaya terebut ke kecamatan," ujarnya.

Menurut pengakuannya, selama ini buaya memang telah meresahkan warga. Bahkan ada tiga buaya yang muncul. "Kemunculan buaya jadi tontonan warga. Buaya memang cukup sering timbul di aliran sungai Komering," ucapnya.

"Termasuk lama keberadaannya, sudah lama kita intai sekitar dua bulan di desa ini. Di tempat lain juga katanya muncul, ada yang paling besar berukuran lebih dari 3 meter. Masyarakat sudah kita imbau untuk berhati-hati, terutama menjaga anak-anak mereka," sambung dia.

Buaya yang tertangkap, sambung dia, rencananya akan diserahkan ke penangkaran atau dilepaskan ke alam namun jauh dari pemukiman penduduk.

"Sebisa mungkin dibawa ke penangkaran atau dibawa ke alam lepas, asal jangan dekat dengan permukiman warga," katanya.

Sementara itu, Nurman seorang warga penasaran dan ingin menyaksikan buaya yang berhasil ditangkap. Menurut dirinya, peristiwa ini baru kali pertama menyaksikan buaya secara langsung dari dekat.

"Setelah dilihat ternyata cukup besar juga buaya yang ditangkap dan saya tadi juga memegang langsung badannya ternyata keras," ujarnya singkat.

Share

Ads