loader

Pentingnya Iman, Taqwa dan Akhlak Siswa Hadapi Pendidikan di Era Digital

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Keberadaan teknologi yang semakin canggih tidak bisa dipungkiri. Seiring perkembangan zaman teknologipun merambah hingga ke segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Dalam hal ini, peran tenaga pendidik ditantang agar tetap melahirkan generasi yang beriman dan bertakwa.

"Teknologi yang semakin canggih seperti sekarang, justru seringkali membuat siswa menjadi lalai akan kewajibannya. Saat inilah, peran guru berpengaruh dalam meningkatkan imtaq anak di sekolah," ujar Wakil Bupati Lahat,  H Haryanto SE MM MBA, Senin (11/4/2022).

Haryanto juga menjelaskan, era digital kedepannya akan semakin berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Saat ini saja, banyak inovasi untuk menunjang proses pembelajaran yang telah dikreasikan para guru dengan memanfaatkan teknologi.

"Apalagi selama pembelajaran daring lalu, banyak guru yang berinovasi, mengemas metode belajar dengan permainan melalui aplikasi," katanya.

Masih kata Haryanto, adanya teknologi di dunia pendidikan mampu mendekatkan tenaga pengajar dengan anak didik, tidak perlu lagi bertatap muka. Namun, kemudahan dalam mengakses informasi yang dapat menembus ruang dan waktu inilah, yang perlu diantisipasi para guru terhadap peserta didik.

"Karena teknologi tidak hanya mendatangkan manfaat positif saja. Melainkan juga akan mendatangkan dampak negatif, semua tergantung individunya," tutupnya. 

Share

Ads