loader

BUMN di Sumsel Didorong Berdayakan SDM Lokal

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Gubernur Sumsel Herman Deru mengimbau agar BUMN yang beroperasi di Sumsel salah satunya dalam hal ini Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 4 dapat memberdayakan SDM lokal. 

Hal tersebut dikemukakannya saat menghadiri wisuda XV Politeknik Akamigas Palembang, di Hotel Wyndham, pada Kamis (24/8). "Kebetulan ini GM nya baru, saran Pak GM berdayakan SDM lokal. Nantilah yang impor-impor dari tempat lain," ujarnya. 

Selain dapat menyerap tenaga kerja, dengan memanfaatkan tenaga kerja asli daerah diharapkan pengelolaan tambang, eksploitasi dan lainnya yang dilakukan tidak merusak lingkungan.

"Kalau kita lihat dari udara baik itu tambang bawah tanah maupun yang open minning maka diperlukan lulusan handal Akamigas untuk dapat berkarya di Sumsel," katanya. 

Ia menilai dengan adanya SDM lokal dalam kegiatan penambangan maka mereka tentu akan memiliki beban moral untuk menjaga sehingga tidak merusak lingkungan. 

"Maka kalau tenaga ahli dalam aksi penambangan itu diisi orang Sumsel pasti mereka ada beban moril untuk mempertahankan alam dan menjaganya untuk anak cucu. Juga agar tidak terjadi penambangan yang tidak terarah dan tidak terkendali," katanya. 

Iapun berharap baik BUMN dan koorporasi swasta dapat merekrut SDM lokal seperti lulusan Politeknik Akamigas Palembang yang tak kalah mumpuni. 

Terlebih Sumsel tercatat memiliki 40 % cadangan dari total cadangan batu bara di Indonesia. 

Sementara Ketua Yayasan Karya Bangsa Rozak menjelaskan dalam kegiatan kali ini ada 4 Prodi yang meluluskan sarjana dengan total wisudawan/wisudawati sebanyak 199 orang. 

"Terima kasih atas kehadirannya. Ini tentu akan semakin memotivasi kami berbuat yang lebih baik lagi dalam meningkatkan kualitas Politeknik Akamigas Palembang kedepan," katanya. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala LLDKTI Wilayah II Palembang Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, Ketua Yayasan Karya Bangsa Ir. H. Rozak Msc, Dewan Pertimbangan Politeknik Akamigas Palembang H. Muchtar Lutfie, SH,MM, Dewan Penyantun Politeknik Akamigas Palembang Ir. H. Ekariza MM, serta Direktur Politeknik Akamigas Palembang Ir. Hj. Amiliza Miarti.

Share

Ads