loader

Universitas PGRI Palembang Kirim 23 Mahasiswa ke Jerman

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Satu - satunya Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Sumbagsel (Sumatera bagian Selatan) adalah Universitas PGRI Palembang yang mahasiswa magang di Negara Jerman. Sebanyak 23 mahasiswa lolos seleksi untuk diberangkatkan pada 1 Oktober.

"Mahasiswa magang ke Jerman tersebut prosesnya sudah dari beberapa bulan yang lalu, tinggal berangkatnya saja tanggal 1 Oktober 2023. Dan ini untuk yang pertama kalinya mahasiswa Universitas PGRI Palembang magang ke Jerman," ujar Rektor Universitas PGRI Palembang, Bukman Lian didampingi Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP, Meilia Rosani usai kegiatan PKKMB Universitas PGRI Palembang di Gedung Business and Science Center (BSC), Rabu (13/9).

Persyaratan untuk bisa magang ke Jerman yakni perguruan tinggi harus terdaftar di ANABIN Jerman. "ANABIN merupakan lembaga yang dibuat Jerman untuk menyeleksi semua perguruan tinggi di dunia yang dosen dan mahasiswa nya boleh belajar, kerjasama, dan menimba ilmu di Jerman. Jika tidak terdaftar di ANABIN maka tidak bisa," katanya.

Masih katanya, sejak 2018 Universitas PGRI Palembang sudah mencoba menjalin kerja sama, dengan kelengkapan  Universitas yang dikirimkan kepada mereka, lalu ada perwakilan mereka yang datang langsung ke Palembang. 

"Mereka langsung datang ke Palembang untuk mengecek langsung ke lapangan, lalu hasilnya mereka bawa ke sana. Tahun 2023 ini di saat mereka menawarkan dan kita kirim surat ke Jerman melalui orang yang mereka utus maka kita diijinkan, dan ini yang pertama dengan jumlah mahasiswa yang lulus seleksi untuk itu ada 23 mahasiswa yang akan ke Jerman," katanya.

Dekan FKIP Dessy Wardiah mengatakan, program magang ke Jerman itu adalah bagian dari program MBKM. Jadi di dalamnya berbagai macam tawaran mulai dari kewirausahaan, KKN Tematik, Kampus belajar dan lain - lainnya.

"Itu ada delapan skem salah satunya adalah magang, magang juga ada yang bersertifikat yang dibiayai Kemendikbud dan magang ke Jerman ini adalah biaya internal artinya magang mandiri yang dananya tidak berasal dari Kemendikbud," katanya.

Sambung Dessy, magang ke Jerman ini sudah melalui tahap seleksi sejak 6 bulan lalu. Universitas PGRI Palembang telah menyeleksi beberapa mahasiswa dan terpilih 23 orang. "23 mahasiswa ini telah lulus seleksi dan siap di berangkatkan ke Jerman, dan dalam 3 bulan terakhir mereka mendapatkan pembekalan," jelasnya.

"Jadi itu merupakan bekal dan pengalaman yang luar biasa untuk mahasiswa tersebut, setelah selesai magang mereka juga akan mendapatkan sertifikat ditempat perusahaan mereka bekerja, sehingga nanti di dalam CV mereka akan menjadi koMpetensi unggul jika mereka nanti akan melamar pekerjaan," pungkasnya.  

 

Share

Ads