loader

UIN Raden Fatah Launching Aplikasi Al-Qur'an Terjemahan Bahasa Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni melaunching aplikasi Al-Quran dengan terjemahan bahasa Palembang. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Santri 2023 di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RF), Rabu (18/10/2023).

"Kita berikan apresiasi atas launchingnya Al-Quran terjemahan bahasa Palembang ini, terlebih ini berbasis aplikasi digital. Artinya lebih memudahkan masyarakat dalam  memahami  isi Al-Qur'an kapan saja, dimana saja melalui handphone," kata Fatoni.

Fatoni berharap dengan adanya aplikasi ini akan menambah kecintaan umat muslim di Sumsel dan dapat dengan mudah memahami isi kandungan Al-Qur’an. Menurutnya, aplikasi Al-Qur’an terjemahan bahasa Palembang dapat menjadikan masyarakat lebih melek teknologi dan paham agama.

"Kita umat muslim yang baik, terus mendorong syiar Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal di akhirat kelak," ucap Fatoni.

Fatoni juga meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten/Kota untuk dapat memperbanyak cetakan Al-Qur’an terjemahan bahasa Palembang. Nantinya cetakan tersebut akan dibagikan ke perpustakaan sekolah umum di Sumsel.

Kapus Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Moh. Isom mengatakan UIN Raden Fatah Palembang bekerja sama dengan Badang Litbang dan Diklat Kementerian Agama dalam mengembangkan aplikasi Al-Qur'an Bahasa Palembang tersebut.

"Alhamdulillah kami dapat memberikan yang terbaik  kepada masyarakat di Palembang dalam hal memahami Al-Qur'an," katanya.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Nyayu Khadijah mengatakan proses penerjemahan Al-Qur'an bahasa Palembang ini dikerjakan dari tahun 2018 dan selesai dicetak di tahun 2021.

Share

Ads