loader

Unaja Buka Prodi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter 

Foto

JAMBI, GLOBALPLANET - Universitas Adiwangsa Jambi (Unaja) resmi menambah 2 (dua) Program Studi baru yaitu Program Studi Sarjana  Kedokteran dan Profesi Dokter. Izin pembukaan Program Studi Kedokteran dikeluarkan melalui Surat Keputusan Kemendikbudristek nomor 827/E/O/2023.

Sejak didirikan pada tahun 2017, Unaja telah memiliki Program Studi bidang kesehatan yaitu Program Studi Sarjana Farmasi, Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Program Studi Sarjana Gizi. Program Studi Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan, Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners serta Program Studi Diploma III Keperawatan. Sehingga hadirnya Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter adalah cita-cita memperkuat bidang studi kesehatan. 

Persiapan lama sudah dilakukan melalui pembenahan tata kelola dan membangun mutu pengelolaan perguruan tinggi dengan meraih peringkat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang Baik Sekali.

Dengan dibukanya kembali moratorium Program Studi Kedokteran, maka upaya percepatan penyelesaian persyaratan pembukaan oleh Tim Pembukaan Program Studi Kedokteran mulai dari tahap renovasi gedung, laboratorium, kelas dan ruang dosen hingga proses persiapan SDM dan Kurikulum. 

Proses adminsitrasi dan evaluasi dokumen, perolehan rekomendasi, proses evaluasi oleh Evaluator Kemenristekdikti telah dilakukan sesuai ketentuan dan Asesmen Lapangan oleh tim Kemenristekdikti, LAM-PTkes, KEMENKES, APKI, ARSPI telah dilaksanakan pada tanggal 26 September 2023. 

Hadirnya Fakultas Kedokteran Unaja dalam rangka berkontribusi dalam menyiapkan kebutuhan dokter yang masih sangat kurang di Provinsi Jambi. Sebagai informasi, di Provinsi Jambi baru ada satu Fakultas Kedokteran yaitu di Universitas Jambi, sehingga dibukanya Program Studi Kedokteran, Unaja menjadikan Perguruan Tinggi Swasta pertama yang ada di Provinsi Jambi. 

Fakultas Kedokteran Unaja selain telah didukung oleh fasilitas gedung, laboratorium yang memenuhi standar pendidikan kedokteran, juga memiliki Rumah Sakit Royal Prima sendiri yang dijadikan sebagai rumah sakit pendidikan utama yang dapat digunakan untuk tempat praktek mahasiswa dan lulusan.

Dengan hadirnnya Program Studi Kedokteran Unaja, diharapkan animo masyarakat Provinsi Jambi yang bercita-cita menjadi dokter tidak harus mendaftar di perguruan tinggi di luar Jambi. 

Kerja sama dengan instansi kesehatan di dalam dan luar negeri akan dilaksanakan dalam rangka pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, agar upaya mencapai menghasilkan capaian pembelajaran Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter yang sesuai dengan standar dan harapan masyarakat. 

Selain itu, hadirnya Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter menjadikan iklim pendidikan, khususnya pendidikan tinggi di Provinsi Jambi semakin maju dan berkembang.

 

Share

Ads