Berita :: GLOBALPLANET.news

14 Januari 2020 15:27:35 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Para stakeholder perkebunan kelapa sawit berkelanjutan yang tergabung dalam Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Foksbi) Sumut menggelar pertemuan mendalam guna membahas rancangan peraturan gubernur (pergub) terkait sawit.

Pertemuan digelar di Santika Premiere Dyandra Hotel Medan, Selasa (14/1/2020), dan diikuti oleh sejumlah pihak seperti para petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi Samade, Apkasindo, sejumlah peneliti dan akademisi dari USU (Diana Chalil), Enviro Kompasiana (Henry Marpaung, Ratna dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Gapki Sumut (Timbas Ginting), dan lainnya.

Acara dibuka oleh Muhamad Saifullah selaku Pelaksana Tugas (PlT) Asisten Deputi Perkebunan dan Hortikultura Kemenko Perekonomian, dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu), Hj Sabrina, menjadi pembicara utama.

Saifullah dalam kata sambutannya menyebutkan Provinsi Sumatera Utara menjadi pilot project dari pelaksanaan pembahasan rancangan Pergub "Rencana Aksi Provinsi Kelapa Sawit Berkelanjutan Provinsi Sumatera Utara (RAP KSB Sumut). 

Sementara Sekda Provsu Hj Sabrina menyambut baik dari niat pemerintah pusat yang ingin menjadikan Sumut sebagai pilot project dalam RAP KSB Sumut. Karena itu Sabrina pembahasan rancangan pergub yang dilakukan Foksbi Sumut bisa mendalam dan mencakup hal yang terkait dengan sawit berkelanjutan.

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 197