loader

Kadin Sumut dan PT KIM Ingin Kembangkan Industri Halal

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Ketua Umum Kadin Sumatera Utara Ivan Iskandar Batubara dengan Trisilo Ari Setyawan, Direktur Utama PT Kawasan Industri Medan (KIM), di Wisma Kawasan Industri Medan, Rabu (22/1/2020). 

Dalam kesempatan tersebut Ivan didampingi Direktur Eksekutif Kadin Sumut Hendra Utama serta para Wakil ketua Umum Kadin Sumut  Wakil Ketua Umum Kadin Sumut antara lain Syahrian Harahap, Hendra Arbie, Santri Sinaga dan M Isa Indrawan.  

Pertemuan tersebut dalam rangkaian silaturahmi awal tahun 2020,  ke mitra kerja BUMN.

Trisilo Ari Setyawan dalam kesempatan itu memaparkan, ajakan ke Kadin Sumut untuk secara bersama mengembangkan kawasan industri halal dilakukan karena saat ini hal tersebut sedang dikelola oleh PT KIM. 

Selain itu, ujar Trisilo, ekosistem pendukung kawasan juga perlu bersama dibangun supaya masyarakat memdapatkan manfaat yang seimbang dengan kehadiran PT. KIM di daerah ini.

Secara pribadi, Trisilo sendiri mengaku bergembira mendapatkan mitra kerja seperti Kadin Sumut yang di bawah kepemimpinan Ivan Batubara mempunyai visi yang sama dalam pengembangan investasi di Sumatera Utara.  

Sementara itu Ivan Batubara memuji balik Trisilo yang selama 2 tahun memimpin KIM sudah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat.

"Deviden untuk PAD Sumut yang dulunya setiap tahun hanya di bawah Rp 1 miliar, kini sudah mencapai hampir Rp 3 miliar dan diproyeksi akan mencapai Rp 8 miliar pada tahun 2020 ini," kata Ivan.

Kata Ivan,  Kawasan Industri Medan juga telah berubah menjadi lebih modern dan mengutamakan pelayanan dan kenyamanan bagi investor di kawasan tersebut.

"Artinya investor tidak perlu bersusah payah memikirkan hal-hal pendukung operasional bisnisnya di KIM, karena semua sudah menjadi paket layanan dan diurus secara profesional oleh PT. KIM. Ini sesuai dengan slogan KIM yakni "Your Partner in Integrated Solution and Services," ujar Ivan.

Dalam kesempatan itu Ivan mengungkapkan, Kadin Sumut dengan PT. KIM juga akan mengimplementasikan MoU antara Kementrian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bapak Erick Thohir dan ketua Umum Kadin Pusat, Rosan Perkasa Roeslani. 

Kata Ivan, ini adalah sebagian upaya Kadin bersama BUMN untuk mewujudkan pemberdayaan usaha swasta, usaha mikro, kecil dan menengah. Kemudian, ujarnya, agar secara bersama membangun usaha untuk meningkatkan ekonomi daerah. 

"PT KIM juga akan menjadi anggota Kadin Sumatera Utara sebagaimana yang tertuang dalam UU Nomor 1 Tahun 1987 Tentang  Kamar Dagang Dan Industri," tegas Ivan.

Share

Ads