Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadin PMD) OKU Timur H Rusman, SE, MM. (Foto: Dadang Dinata)

22 Juni 2020 15:22:00 WIB

OKUT , GLOBALPLANET - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadin PMD) OKU Timur H Rusman, SE, MM, mengatakan, pada tahap kedua pencarairan Dana Desa (DD) difokuskan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD.

DD tahap dua dicairkan dalam tiga tahap, untuk tahap pertama 15 persen, tahap kedua 15 persen dan tahap ketiga 10 persen.

"Memang DD untuk tahap kedua difokuskan pada BLT DD untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19," katanya, pada Senin (22/06/2020).

Dengan adanya program BLT DD masyarakat terbantu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Terutama sekarang virus corona maupun Covid-19 sedang melanda yang membuat sebagian masyarakat kesulitan dalam mencari rezeki. "Bantuan melalui BLT DD ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan,"tambahnya.

"Untuk jumlah penerima setiap desa tidak sama tergantung jumlah penduduk,"jelasnya.

Tahap kedua khusus BLT DD  disesuaikan jumlah penerima perdesa Rp600 ribu perbulan selama tiga bulan dan ditambah lagi Rp300 selama tiga bulan. Sehingga ada penambahan anggaran untuk BLT DD. 

Rusman juga menambahkan jika pada tahap ketiga ada APBDes perubahan apa masih bisa membangun infrastruktur apa tidak tergantung kondisi sisa keuangan. "Untuk membangun infrastruktur tergantung keuangan desa,"terangnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 177