loader

Jalan di Bibir Sungai Musi Amblas, PUPR Muba Kembali Lakukan Perbaikan Darurat

Foto

MUBA, GLOBALPLANET. - "Perbaikan darurat setelah kita lakukan sejak satu bulan lalu dengan cara swakelola," ujar Kabid Preservasi Jalan dan Jembatan Irfan, melalui Kasi Penanggulangan Darurat, Frans Gustian.

Namun, sambung dia, saat ini jalan tersebut kembali amblas karena disebabkan kontruksi dan kontur jalan sangat labil. Selain tepat berada di pinggir sungai faktor cuaca curah hujan yang saat ini cukup tinggi.

"Kita melakukan penanggulangan sementara atau tanggap darurat setelah menerima laporan dari Lurah Ngulak I. Dan ini juga sudah kita laporkan dan kita bersurat kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VII pada Bulan September 2020 yang lalu," ungap Frans.

Dikatakanya, hingga kini belum ada tanggapan perbaikan dari pihak BBWS, maka untuk menanggulangi kondisi, kembali dilakukan perbaikan yang sifatnya sementara atau non permanen yang pelaksanaannya dilakukan secara swakelola.

"Metode perbaikan ini pernah kita lakukan pada ruas jalan di Desa Keban tahun 2019 yang lalu dimana sampai saat ini, alhamdulillah badan jalan yang kita perbaiki di Desa Keban masih dalam kondisi baik. Penurunan yang terjadi  ini akibat tingginya curah hujan yang turun membuat timbunan tanah yang sudah kita lakukan kembali turun dan longsor," terangnya.

Frans menyebut, pada saat Longsor yang pertama pihaknya melakukan penimbunan kembali. Namun, kondisi jalan ternyata kembali mengalami penurunan.

"Itu diluar perhitungan, karena penanggulangan yang kita lakukan bersifat tanggap darurat. Oleh sebab itu sambil mempelajari langkah penanganan apa yang tepat kita akan mencoba berkoordinasi kembali dengan Pihak Balai Besar kiranya berharap segera untuk diperbaiki," jelas dia.

 

Share

Ads