loader

Dukung Program Cetak Sawah, Kholid: Lahan Rawa yang Terbengkalai Harus Jadi Lahan Produktif

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - "Pemerintah daerah akan mendukung penuh, dan siap membantu memfasilitasi alat pertanian dalam pelaksanaan cetak sawah di OKU Timur. Lahan rawa yang terbengkalai harus jadi lahan produktif," kata Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi pada Rabu (20/1/2021), ketika meninjau lahan rawa di Desa Sukadamai, Batumarta IX, Kecamatan Madang Suku III, yang akan dilakukan optimalisasi menjadi lahan pertanian oleh warga melalui program swadaya mandiri cetak sawah baru,

Sawah sangat penting bagi ketahanan pangan nasional, dan OKU Timur terus melakukan cetak sawah yang seluruhnya swadaya murni masyarakat. Memang tidak gampang memulai, tapi harus semangat untuk berani merubah nasib.

“Masyarakat harus tetap mengedepankan musyawarah mufakat dalam pelaksanaan cetak sawah. Selain itu, Pemerintah daerah juga akan menyiapkan program khusus bagi cetak sawah di luar jalur irigasi,” kata Kholid.

Sementara Ketua DPRD OKU Timur H Beni Defitson,SIP, MM, didampingi Anggota DPRD OKU Timur Iwan Naburori dan Rudi Hartono, mengatakan, lahan rawa tersebut selama ini terbengkalai dan belum dioptimalkan. Dengan dibukanya lahan tidur menjadi lahan produktif, nantinya diharapkan akan bermanfaat bagi masyarakat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

“Kami selaku wakil rakyat tentunya mendukung penuh program ini. Bahkan akan dibahas tahun ini untuk dianggarkan di 2022. Tentunya hal yang utama berdasarkan kepada kesejahteraan masyarakat. Semoga program ini berjalan dengan baik melalui musyawarah mufakat,"imbuhnya.

Salah satu tokoh masyarakat setempat yang juga mantan Kepala Desa, Imron Rosadi mengucapkan ribuan terimakasih kepada Pemkab OKU Timur, DPRD OKU Timur serta seluruh pihak atas terealisasinya program swadaya mandiri cetak sawah baru.

“Dengan adanya program cetak sawah ini, kami sangat berterima kasih kepada jajaran pemerintah dan DPRD OKU Timur, yang sudah memfasilitasi program ini dan akhirnya bisa terwujud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Desa Sukadamai,"ujarnya.

Share

Ads