loader

Inflasi Terkendali, Ekonomi Sumsel Tumbuh 5,15 Persen

Foto
Gubernur Sumsel Herman Deru. (Foto: Istimewa)

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Selain inflasi yang masih terkendali, pertumbuhan ekonomi Sumsel pada triwulan I 2022 tercatat tumbuh sebesar 5,15% (yoy).  BI bahkan memprediksi pertumbuhan ekonomi Sumsel triwukan II 2022 dapat lebih tinggi.

Hal ini berdasarkan Laporan Perkembangan Ekonomi Provinsi Sumsel yang dilaporkan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumsel kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru pada 31 Mei 2022. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Erwin Soeriadimadja melalui laporan yang disampaikannya ke Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerangkan bahwa pertumbuhan ekonomi Sumsel pada triwulan I 2022 tercatat tumbuh 5,15% (yoy), meningkat dibandingkan pertumbhhan triwukan sebelumnya yang sebesar 5,12% (yoy). 

Dari sisi pengeluaran, pemulihan ekonomi pada triwulan I 2022 terutama didukung oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh sebesar 6,19% (yoy) seiring peningkatan mobilitas masyarakat yang diikuti oleh akselerasi proses vaksinasi. 

Hasil survei BI menurutnya juga mengindikasikan perbaikan ekonomi yang ditandai dengan peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada level optimis sebesar  124,22 di triwulan I 2022. Sementara dari sisi Lapangan Usaha (LU), pertumbuhan ekonomi Sumsel didorong oleh perbaikan kinerja LU pertanian, kehutanan dan perikana  yang tumbuh sebesar 4,47%( yoy) pasca peningkatan produksi karet dan produk holtikultura serta LU perdagangan besar dan eceran, dan reparasi mobik dan sepeda motor dengan pertumbuhan sebesar 9,23% (yoy) pasca peningkatan aktivitas masyarakat ke tempat umum dan berlanjutnya relaksasi stimulus PPnBM oleh pemerintah. 

Share

Ads