loader

Akibat Awan Panas Semeru, 1 Warga Meninggal, 2 Hilang, 8 Terjebak dan 70 Dilarikan ke Puskesmas

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto bertolak ke Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur (Jatim) guna mengunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021).

Kunjungan Kepala BNPB ini sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilakukan guna memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya proses evakuasi korban terdampak dapat berjalan secara optimal, dan kebutuhan dasar pengungsi tersalurkan dan diterima dengan baik.

“Kami datang untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi ini bisa berjalan secara tepat dan cepat. Dan tentunya kebutuhan dasar dari pengungsi ini akan kami yakinkan untuk dapat terfasilitiasi secara optimal. Langkah cepat ini kami lakukan atas petunjuk dan arahan bapak Presiden Jokowi,” jelas Letjen TNI Suharyanto. 

Sebelumnya BNPB telah mengirimkan tim reaksi cepat guna melaksanakan pendampingan kepada BPBD Kabupaten Lumajang dan BPBD Provinsi Jawa Timur dalam upaya penanganan darurat bencana guguran awan panas Gunung Semeru. Selain itu, BNPB juga telah mengirimkan bantuan logistik dan peralatan seperti selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat dan logistik dasar lainnya.

Share

Ads